Bunda PAUD, Nurlena Rahmad Buka Workshop yang Digelar IGTKI-PGRI Kota Balikpapan

BALIKPAPAN - Bunda PAUD Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas'ud membuka workshop peningkatan mutu dan kreativitas pendidik melalui seni gerak dan lagu anak, Senin (23/1/2023) di Aula TK Al-Aulia. Workshop ini diisi oleh pemateri dari Ceria Bocah Indonesia (CBI), Kak Agus.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh IGTKI-PGRI Kota Balikpapan dan didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan. Sebelum membuka kegiatan, Nurlena menyampaikan bahwa di era digitalisasi, peran para guru sangat penting dalam memberikan pembelajaran dan pendidikan kepada anak-anak murid agar tetap fokus dan semangat dalam menimba ilmu.

"Terlebih lagi bagi para guru-guru Pendidikan anak usia dini, memiliki tantangan luar biasa dalam membentuk karakter dan menumbuhkan minat belajar pada anak-anak," ungkap Nurlena.

Ia menyampaikan, di dalam kurikulum Merdeka Belajar yang di luncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memberikan kebebasan kepada setiap sekolah untuk menerapkan kurikulum yang mengacu pada kebutuhan dari anak didiknya, seperti Kurikulum Darurat.

Transformasi ini menjadi peluang bagi para bapak/ibu guru PAUD dalam pengembangan kurikulum di level PAUD. Menurutnya, para guru harus memiliki kompetensi tertentu serta kreativitas yang tinggi untuk menyajikan proses belajar mengajar yang menyenangkan dan tidak monoton di dalam kelas.

"Oleh karena itu, dalam rangkaian acara workshop ini, saya berharap dapat meningkatkan kreativitas para guru dalam menyajikan materi di dalam proses belajar mengajar," tuturnya.

Ia pun berharap, dengan adanya workshop ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang permainan-permainan yang dapat di terapkan di dalam kelas. "Saya berharap dengan adanya workshop ini dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan Satuan PAUD yang ada di Kota Balikpapan. Karena anak-anak kita ini adalah pemimpin di masa depan," ungkapnya. (diskominfo/cha/mgm)