Panitia HUT Kota Gelar Rilis Rangkaian Kegiatan Ulang Tahun Kota Balikpapan

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan melaksanakan rilis media Hari Jadi ke-126 Kota Balikpapan, Selasa (31/1/2023) di Aula Balaikota. Kegiatan dipimpin Ketua Umum Panitia HUT Kota Balikpapan ke-126 tahun, General Manager Pentacity dan Ewalk Mal BSB Yudi Saharudin. Ia hadir bersama Ketua I Doortje Marpaung dan Ketua II Adamin Siregar.

Rangkaian kegiatan HUT Kota Balikpapan akan dimulai pada tanggal 1 Februari 2023 hingga 20 Maret 2023, sedangkan puncak perayaan HUT ke-126 Kota Balikpapan pada tanggal 10-12 Februari 2023.

Yudi menjelaskan, nantinya akan ada acara Balikpapan Kreatif pada tanggal 18-19 Februari 2023, di Taman Bekapai Gedung Klandasan. Kegiatan ini akan menampilkan food festival, fashion street, parade musisi Balikpapan dan Balikpapan musik MOB serta Balikpapan Culture Week.

“Balikpapan kreatif ini diharapkan menjadi cikal bakal dan menjadi wadah untuk anak-anak muda kreatif di Kota Balikpapan,” ujarnya.

HUT Kota Balikpapan kali ini akan berbeda. Nantinya pada 10 Februari, menurut dia akan ada suasana yang berbeda untuk masyarakat Kota Balikpapan. Pihaknya telah meminta semua hotel, perkantoran, mal atau tempat-tempat yang menggunakan sound atau speaker untuk memutar lagu hymne atau mars Balikpapan.

"Termasuk sound yang berada di lampu merah. Kota berupaya membangkitkan suasana cinta kepada Kota Balikpapan,” jelasnya. Selain itu juga akan ada beberapa titik angkutan umum gratis untuk umum. Pada hari itu juga, tempat wisata kelolaan pemerintah akan digratiskan pada tanggal tersebut.

Ditambahkan Doortje, selanjutnya akan dilaksanakan Rapat Paripurna 7 Februari. Kemudian, 10 Februari akan digelar Upacara HUT ke-126 Kota Balikpapan. Pada sore hari akan dilaksanakan gelar senja istimewa di Lapangan Merdeka yang dilanjutkan syukuran sederhana di halaman kantor Balaikota Balikpapan. Direncanakan juga, nantinya akan digelar tabligh akbar di Balikpapan Islamic Center.

"Nanti akan ada penyerahan penghargaan untuk warga berprestasi dan warga pelopor dalam rapat paripurna," ungkap Doortje.

Pada saat upacara akan dilaksanakan penyerahan panji-panji yang diperoleh kota Balikpapan pada HUT Provinsi Kalimantan Timur beberapa waktu lalu. "Diserahkan kepada organisasi perangkat daerah yang bersangkutan," sebut Doortje.

Ketua II HUT ke 126 Kota Balikpapan, Adamin Siregar mengatakan, pada tanggal 11-12 Februari 2023 akan ada hiburan rakyat yang berlangsung di lapangan merdeka. “Akan ada artis ibu kota Soneta group, Elvi Sukaesih, Iyeth Bustami, Cici Paramida, Siti KDI, Melly Goeslaw dan Kahitna,” terangnya.

Untuk Balikpapan kreatif, salah satunya festival kuliner akan diikuti oleh 44 stand kuliner yang akan diisi oleh paguyuban, forum kreatif dan lainnya. “Ada pawai budaya oleh paguyuban Kota Balikpapan,” katanya. (diskominfo/cha/mgm)