Dinkes Gelar Germas Serentak di Sejumlah Titik, Kampanyekan Hidup Sehat Tanpa Gula


BALIKPAPAN - Dalam rangka Hari Jadi ke-126 Kota Balikpapan , Dinas Kesehatan Kota (Dinkes) Kota Balikpapan menggelar gebyar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis di 64 lokasi. Pemeriksaan ini meliputi gula darah, kolesterol, asam urat serta vaksinasi COVID-19, Minggu (5/2/2023).

Dalam kegiatan tersebut tersedia sekira 7.000 tes reagen, juga 3.500 dosis vaksin. Ada 640 tenaga kesehatan yang bertugas dan tersebar di lokasi-lokasi Germas. Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengungkapkan, tenaga kesehatan ini antara lain dari Dinkes, UPT Puskesmas, lab rumah sakit, hingga Poltekkes.

"Upaya ini kami lakukan bersama demi mencapai sasaran deteksi dini kasus hipertensi dan diabetes pada masyarakat. Dari kegiatan ini juga kami ingin mengkampanyekan hidup sehat tanpa gula kepada masyarakat," ungkap Dio, sapaan Andi Sri Juliarty.

Ia berharap, dengan begitu kasus diabetes bisa ditekan. Ia pun mengajak masyarakat bisa mengurangi konsumsi gula pada makanan dan minuman agar terhindar dari penyakit tersebut.

Dalam kesempatan ini Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud juga hadir menyapa masyarakat. Ia mengatakan, kegiatan ini dilakukan karena banyaknya masyarakat kasus diabetes. "Kita ingin mengkampanyekan hidup manis tanpa gula. Karena banyaknya yang terindikasi dengan penyakit diabetes,"ungkapnya.

Sehingga ia berharap, acara yang tersebar di beberapa lokasi di kota Balikpapan tersebut dapat menggalakkan budaya hidup sehat pada masyarakat. "Mudah mudahan dengan kampanye ini, kita bisa menyemarakkan hidup kita di hari tua panjang umur dan sehat" tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)