Diskominfo Gelar Forum Perangkat Daerah, Sinkronisasi untuk Rencana Kerja 2024

BALIKPAPAN - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Balikpapan menggelar Forum Perangkat Daerah dalam rangka menyampaikan rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2024, Jumat (3/2/2023) di Aula Bappeda Litbang Kota Balikpapan.

Kegiatan dipimpin Kepala Diskominfo Kota Balikpapan, Adamin Siregar dan dihadiri berbagai elemen stakeholder, diantaranya Ketua Komisi I DPRD Kota Balikpapan, Ombudsman RI Perwakilan Kaltim, Komisi Informasi Provinsi Kaltim, BPS, PWI Balikpapan, AMSI Kaltim, dan sejumlah organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkot Balikpapan. Seperti Bappeda, BPBD, Satpol PP, BPBD, Disdukcapil dan lainnya.

Selain itu juga dihadiri perwakilan dari perguruan tinggi seperti ITK, Universitas Mulia, Poltekba, dan lainnya. Termasuk sejumlah mitra Diskominfo seperti Telkom, Icon+. Termasuk komunitas di bidang informatika seperti DiLo Balikpapan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Balikpapan Adamin menjelaskan, Forum ini adalah forum sinkronisasi pemerintah daerah yang berkaitan dengan urusan komunikasi dan Informatika, pesandian, dan statistik. Untuk merumuskan program dan kegiatan sesuai tugas dan fungsinya.

"Kami menyampaikan kinerja di 2022 dan kegiatan di 2023. Juga rencana kerja di 2024. Terkait ini, tentu perlu sinkronisasi dengan OPD terkait. Supaya dalam pelaksanaannya bisa saling bersinergi," terangnya.

Ada beberapa masukan dari peserta yang menjadi catatan Diskominfo Balikpapan, seperti kerja sama media dari AMSI, penggunaan call center dan digitalisasi kebencanaan dari BPBD, program kerja dalam rangka lima tahunan OPD dari ITK, juga fasilitasi tempat untuk magang dan kerjasama dari Poltekba.

"Kami sudah sampaikan beberapa rencana, misalnya fungsi monitoring terhadap website masing-masing OPD. Ini bisa kita lakukan dalam rangka pembinaan. Bisa digelar lomba per 3 bulan supaya website OPD selalu update," jelasnya.

Hal lain adalah terkait kerjasama dengan media dan perguruan tinggi yang di tahun mendatang terus ditingkatkan. Forum ini diharapkan bisa menampung masukan ini demi menyempurnakan rencana kerja Diskominfo Balikpapan.

"Supaya jadi masukan juga tidak hanya untuk Diskominfo tapi juga Bappeda. Karena stakeholder ini juga berkaitan dengan Diskominfo. Kami berharap ini jadi titik awal dasar program kerja diskominfo di tahun 2024," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)