Sidang Paripurna Istimewa HUT ke-126 Kota Balikpapan Digelar

BALIKPAPAN - Sidang Paripurna Istimewa memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-126 Kota Balikpapan dilaksanakan Selasa (7/2/2023) di Hotel Novotel Balikpapan. Kegiatan ini dipimpin Ketua DPRD Kota Balikpapan, Abdulloh bersama Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud dan didampingi para Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan.

Ketua DPRD Abdulloh mengatakan, momentum HUT Ke-126 Kota Balikpapan ini sebenarnya lebih kepada mempersiapkan Balikpapan menjadi bagian dari kota penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

"Jadi sampai hari ini kami mengevaluasi apa -apa saja yang belum tercapai, dan jika belum tercapai kami akan berusaha untuk mencapainya," ungkapnya.

Abdulloh mengungkapkan, kesejahteraan masyarakat saat ini masih menjadi Pekerjaan Rumah yang harus diselesaikan. Kendati begitu, tingkat kemiskinan di Kota Balikpapan telah mengalami penurunan.

"Selain tingkat kemiskinan yang sangat menurun, lapangan kerja pun meningkat. Hal ini adalah ciri-ciri kota maju. Apalagi menyambut IKN," bebernya.

Beberapa masukan ia sampaikan, diantaranya adalah upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Beriman yang mesti terus dilakukan.

"Itu yang utama, sehingga masyarakat tidak menjadi penonton di rumah sendiri saat IKN berpindah di Kaltim. Jadi SDM nya itu yang utama," imbuhnya.

Sementara, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud mengatakan, walaupun masih ada kekurangan Kota Balikpapan, pihaknya terus berupaya meningkatkan infrastruktur maupun perekonomian di Balikpapan. "Karena Balikpapan yang terbaik di Kalimantan Timur," katanya.

Itulah mengapa, melalui kekurangan tersebut pihaknya melakukan sinergi dan Kolaborasi bersama pemerintah pusat maupun provinsi. Juga diharapkan semua elemen masyarakat maupun stakeholder ikut terlibat.

"Mungkin kekurangan ada sampai akhir hayat. Tapi kita terus meningkatkan etos kerja, komitmen, integritas, loyalitas dan komitmen untuk menutup kekurangan itu," ungkpanya.

Ia pun menyampaikan, pada tahun 2022 Kota Balikpapan telah mendapatkan 43 penghargaan tingkat provinsi, 8 penghargaan tingkat nasional, dan 1 penghargaan internasional. Sementara, di tahun 2023 sampai saat ini, Balikpapan telah menerima 38 penghargaan, terdiri dari 37 penghargaan tingkat provinsi, dan 1 penghargaan tingkat nasional.

"Pada peringatan hari jadi ke-126 ini kita juga menyerahkan penghargaan kepada warga kota berprestasi yang telah berperan aktif dan berjasa dalam membangun Kota Balikpapan. Yaitu warga berprestasi, warga pelopor tahun 2023, penghargaan bagi perusahaan yang melaksanakan program CSR, penghargaan donor darah oleh PMI, dan penghargaan ketua RT terlama," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)