Ribuan Warga Ikuti Tabligh Akbar HUT Kota Balikpapan, Hadirkan Gus Muwafiq Sebagai Penceramah

BALIKPAPAN - Masih rangkaian dari kegiatan HUT ke-126 Kota Balikpapan, Pemerintah Kota Balikpapan menggelar Tabligh Akbar, di Masjid Balikpapan Islamic Center, pada hari Sabtu (11/2/2023) sore. Jamaah yang hadir melaksanakan sholat ashar bersama di Masjid Balikpapan Islamic Center sebelum mendengarkan tausiah Gus Muwafiq.

Tabligh Akbar dihadiri Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud, Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin; Forkopimda Kota Balikpapan; tokoh ulama, Pejabat di lingkungan Pemkot Balikpapan dan tamu undangan lainnya.

Tabligh Akbar bersama KH Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Qori anak-anak, Juara terbaik kedua MTQ tingkat Provinsi Kaltim, Muhammad Nahdi Fawwas.

Dalam tausiahnya, Gus Muwafiq menuturkan, konsep HUT ke-126 Kota Balikpapan yakni Balikpapan Kolaborasi, Balikpapan Sinergi, adalah sebuah sikap menyadarkan masyarakat dari analog ke digital. Ini sesuatu yang sangat luar biasa dicanangkan Balikpapan.

Gus Muwafiq juga menyampaikan bahwa Indonesia memiliki multi etnis, bangsa, suku termasuk agama. Salah satu negara yang paling multi dimensi adalah Indonesia.

“Dalam kehidupan yang berbeda ini, Indonesia bersikap luar biasa. Sikap Indonesia yang paling luar biasa adalah sikap dimana menempatkan ajaran Rasulullah SAW menjadi ajaran tertinggi menyikapi hidup bersama dalam kolaborasi dan sinergi”.

Sementara, Wali Kota Balikpapan mengatakan tausiah yang disampaikan Gus Muwafiq dapat menjadi bekal untuk semakin baik ke depannya, baik warga maupun untuk kota tercinta. Ia berharap seluruh hadirin selalu dalam lindungan Allah SWT.

Di tengah pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), Balikpapan memiliki posisi sangat strategis, tentunya ini memberikan manfaat yang begitu banyak dan kemungkinan juga mendatangkan mudarat yang tidak sedikit. “Melalui momentum ini, Allah SWT jaga kita, agar mudarat tidak ada di Kota Balikpapan,” ujarnya.

Di Akhir Tabligh Akbar, Wali Kota Balikpapan memberikan empat hadiah umrah bagi jamaah yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan Gus Muwafiq dan Wali Kota Balikpapan. (diskominfo/cha/mgm)