Kepala Disporapar Buka Turnamen Basket Antar Klub dan SMP se-Balikpapan

BALIKPAPAN - Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan, Ratih kusuma mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud membuka Turnamen Basket Antar Klub dan SMP se-Balikpapan, Rabu (15/2/2023) di Lapangan Indoor SMA IT Istiqomah Balikpapan.

Ia menyampaikan apresiasi terhadap turnamen basket ini, dan berharap bisa jadi agenda rutin. "Ini dapat menumbuhkan semangat juang generasi penerus kita, untuk dapat mencintai basket," tutur Ratih.

Harapannya, ke depan turnamen semacam ini bisa menciptakan atlet berkualitas, baik ke tingkat provinsi maupun nasional. Juga tingkat internasional.

Menurut dia, untuk dapat melakukan pembinaan olahraga secara konsisten adalah pekerjaan besar yang membutuhkan perhatian bersama. Ia pun menyampaikan terimakasih pada sekolah Istiqomah yang bersedia terlibat mensukseskan turnamen ini.

"Kami juga mengapresiasi raihan basket pada Porprov VII Berau. Yang mana, putra mendapat juara satu, putri juara dua," katanya.

Total ada 38 tim yang berpartisipasi dalam turnamen ini. 28 dari tingkat SMP, putra dan putri, 10 dari level klub kategori putra. Turnamen akan berlangsung hingga 25 Februari nanti.

Ketua Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Balikpapan, Ken Arif Danuarja Ng mengatakan, turnamen ini dilaksanakan sebagai bentuk pembinaan di Kota Beriman. Tak hanya menyiapkan atlet berkualitas, namun juga mempersiapkan untuk Porprov mendatang.

"Melalui turnamen tingkat SMP kita ingin melihat kualitas pebasket Balikpapan sejak kini. Dengan begitu terus ada regenerasi," ujarnya. (diskominfo/cha/mgm)