Rangkaian HUT ke-126 Kota Balikpapan, Gelar Kompetisi Esport Bersama Telkomsel

BALIKPAPAN - Sebagai rangkaian dari Hari Jadi ke-126 Kota Balikpapan, Pemerintah Kota Balikpapan bersama Telkomsel menggelar Esports Competition pada Jumat (24/2/2023) di Indicafe, Telkomsel Balikpapan. Kompetensi ini melombakan dua jenis game, yakni PUBG dan Mobile Legend.

Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Balikpapan, Adamin Siregar mewakili Wali Kota Rahmad Mas'ud. Hadir Ketua Panitia HUT Kota Balikpapan, Yudi Saharudin; General Manager Telkom Balikpapan, Yoga Istanto; dan GM Telkomsel Regional Kalimantan, Muharlis.

Diikuti 43 tim untuk Mobile Legend, dan 41 tim untuk PUBG, total peserta mencapai 370 orang yang tidak hanya berasal dari kota Balikpapan, namun juga Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, dan sekitarnya.

General Manager Telkom Balikpapan, Yoga Istanto mengungkapkan, kegiatan ini merupakan kolaborasi yang sangat positif antara akademik, bisnis, komunitas, juga government. "Jika ingin maju memang harus berkolaborasi dari berbagai aspek-aspek ini," ungkapnya.

Pihaknya bersama seluruh keluarga besar Telkom Group mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Ia berharap bisa mewadahi para gamer untuk memilih kegiatan positif. "Apalagi kemajuan zaman membuat kita terbuka bahwa gamer bisa jadi salah satu profesi," tuturnya.

Sementara, Kepala Diskominfo Kota Balikpapan, Adamin Siregar mengungkapkan, esports kini sudah menjadi satu cabang olahraga baru yang disukai berbagai kalangan. Pelaksanaan turnamen ini sangat strategis karena bisa jadi pembinaan dan pelatihan esports.

"Esports telah masuk dan di pertandingan secara resmi dalam perhelatan olahraga dunia. Turnamen ini jadi salah satu upaya strategis memperkenalkan esports kepada masyarakat sebagai salah satu cabang olahraga baru," tuturnya.

Dirinya berharap usai turnamen ini, bisa jadi wadah kaum milenial berekspresi maupun jadi pembelajaran untuk bekerja sama dalam tim. "Selamat bertanding dan jujung tinggi sportifitas," katanya. (diskominfo/cha/mgm)