Balikpapan Satu-Satunya Kota Besar Penerima Adipura Kencana 2022

BALIKPAPAN - Kota Balikpapan kembali memperoleh penghargaan di bidang lingkungan, Adipura Kencana 2022 kategori kota besar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Balikpapan adalah satu-satunya di kota besar yang memperoleh penghargaan ini.

Trophy Adipura Kencana secara langsung diserahkan Menteri KLHK, Siti Nurbaya Bakar, yang diterima Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud pada Selasa (28/2/2023) di Jakarta. Wali Kota Rahmad Mas'ud mengungkapkan, atas penghargaan ini ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Kota Balikpapan yang telah bahu-membahu dan mendukung penuh menjaga kebersihan Kota Balikpapan selama ini.

"Kami juga mengharapkan seluruh masyarakat terus menjaga kebersihan. Jangan buang sampah sembarangan, pertahankan budaya bersih Balikpapan," tutur Wali Kota Balikpapan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan, Sudirman Djayaleksana sebelumnya mengungkapkan, penghargaan ini adalah bentuk kinerja seluruh pihak di Kota Beriman yang bersinergi dan berkolaborasi. "Termasuk juga dilakukannya pengawasan oleh lurah hingga RT," katanya.

Adipura bukan lagi hal baru bagi Balikpapan. Ia menambahkan, Adipura Kencana ini merupakan penilaian Adipura tertinggi. Dimana banyak faktor jadi penilaian, seperti pengelolaan sampah hingga pengolahan setelah dari TPA. DLH juga melakukan pengurangan sampah yang saat ini sudah menyentuh angka 26 persen. Capaian itu nyaris mencapai target nasional pada 2030 mendatang yakni 30 persen.

Selain itu, untuk tutupan lahan atau bagai mana cara untuk mengelola ruang terbuka hijau, hutan kota di Balikpapan juga berjalan dengan baik.

"Saat ini, dari DLH terus melaksanakan tugas-tugas pokok untuk menjaga kebersihan kota, bergotong royong bersama warga Kota Balikpapan. Hal ini sesuai program kerja wali kota, terutama kawasan fasilitas umum, termasuk taman terus gencar diperhatikan, dirawat dan direnovasi oleh," tuturnya. (diskominfo/cha/mgm)