OPD Pemkot Balikpapan Ikuti Bimtek Kelembagaan Statistik Sektoral

BALIKPAPAN - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Balikpapan menggelar Bimbingan Teknis Kelembagaan Statistik Sektoral, 13-14 Maret 2023. Kegiatan ini ditujukan bagi organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan sebagai wali data.

Kegiatan dibuka Sekretaris Diskominfo, Abdul Rahim (13/3/2023), mewakili Kepala Diskominfo, Adamin Siregar. Hadir Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Balikpapan, Mustaqim. Diskominfo bekerja sama dengan BPS dalam penyelenggaraan bimtek ini.

Sekretaris Diskominfo, Abdul Rahim menyampaikan apresiasinya terkait pelaksanaan bimtek kelembagaan statistik sektoral ini. Ia berharap, kegiatan ini dapat membangun sumber daya aparatur dalam upaya mendukung program pemerintah kota balikpapan.

"Terutama dalam hal pencapaian sasaran reformasi birokrasi nasional. Yaitu birokrasi yang bersih dan akuntabel, melalui pembangunan data pemerintah untuk digunakan dalam penyusunan kebijakan berbasis data," ungkapnya.

Ia menambahkan, data statistik yang lengkap, akurat, objektif dan selalu termutakhirkan menjadi hal yang sangat penting dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi serta pelaporan hasil-hasil pembangunan.

"Kita juga perlu menyadari bahwa data dan statistik seyogianya adalah aset pembangunan daerah. Karena itu hendaknya dapat dikelola secara terpadu oleh-oleh pihak terkait," tuturnya.

Ia pun berharap, ke depannya data-data yang tersebar di masing-masing OPD termasuk data yang dimiliki oleh BPS, sudah sinkron dan terupload dalam portal data Balikpapan. Dan sudah disiapkan oleh Dinas Komunikasi Dan Informatika.

"Sehingga ketika masyarakat atau satu OPD memerlukan informasi, maka data yang diperlukan tersedia. Juga menjadi referensi yang valid dan up to date sekaligus mendukung komitmen pemerintah. Yaitu Satu Data Indonesia," terangnya.

Untuk diketahui, satu data Indonesia diatur dalam Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019. Dengan penyelenggaraan Satu Data Indonesia ini, akan mendukung Pemerintah Kota Balikpapan dalam melaksanakan keterbukaan informasi kepada publik. (diskominfo/cha/mgm)