Buka Sosialisasi TKDN, Diharapkan OPD Lakukan Perencanaan di Awal


BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa menggelar sosialisasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), Rabu (15/3/2023) di Gedung Klandasan. Kegiatan dibuka Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Balikpapan, Andi Yusri mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud.

Pada kesempatan tersebut Andi Yusri mengatakan, kegiatan ini membahas bagaimana menghitung tingkat kandungan produk dalam negeri. "Jadi teman-teman lagi melakukan diskusi hal-hal yang barang kali perlu mereka ketahui lebih mendalam," katanya.

Kegiatan ini sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) nomor 2 tahun 2022 tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

"Selain itu, ada Surat Keputusan (SK) Wali Kota Balikpapan yang membentuk tim percepatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN)," bebernya.

Ia mengaku tim tersebut inilah yang harus cepat dilakukan sosialisasi, fasilitasi, dan dalam pelaksanaannya harus ada monitoring serta evaluasi.

Menurutnya ini erat kaitannya dengan keharusan dalam penggunaan e-katalog dalam setiap pengadaan barang dan jasa. Maka TKDN ini juga harus disosialisasikan untuk dikomunikasikan untuk masuk e-katalog. 

"Harapannya dengan sosialisasi ini bisa memberikan perubahan signifikan di tingkat organisasi perangkat daerah. Bahwa TKDN harus dimulai dengan perencanaan di awal. Maka dinas harus bisa memilah-milah," tuturnya. (diskominfo/cha/mgm)