Pimpin HUT Satuan Damkar, Satpol PP dan Satlinmas, Wali Kota Berharap Dapat Semakin Diandalkan

BALIKPAPAN - Upacara memperingati Hari Jadi Satuan Damkar, Satpol PP dan Satlinmas digelar Jumat (18/3/2023) di halaman Balaikota Balikpapan, dipimpin Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud. Dalam sambutannya, Wali Kota berharap instansi-instansi tersebut dapat makin berkiprah dan diandalkan.

"Terutama untuk mewujudkan Balikpapan sebagai rumah yang nyaman dihuni. Sebagai perangkat daerah yang menjadi barisan terdepan dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat," ungkapnya.

Dalam upacara ini, juga dilaksanakan pengukuhan tim fire rescue brigode kawasan Balikpapan Super Block, penyerahan piagam HUT ke-104 Damkar, serta pemusnahan barang bukti miras.

Ia juga mengapresiasi pemadam kebakaran yang dalam kondisi darurat telah menunjukkan dedikasi dan komitmen untuk memberikan pelayanan kedaruratan bagi masyarakat. Menurutnya, dengan tugas pemadam kebakaran yang kompleks, diperlukan suatu bentuk kelembagaan yang mandiri agar dapat mengelola anggaran dan sumber daya manusia secara maksimal sesuai dengan kebutuhan.

Di samping itu, ia menambahkan, keterlibatan aktif masyarakat sangat dibutuhkan, yang tujuannya untuk melibatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan, penanggulangan kebakaran dan penyelamat

“Dalam HUT ini, mari kita jadikan momentum untuk menyatukan prinsip, dengan mengkonsolidasi penyelenggaraan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat, dalam rangka memperkuat pertumbuhan ekonomi,” ungkap wali kota.

Selain itu, dengan semakin dekatnya tahun politik, dirinya berharap, segenap jajaran Satpol PP dan Satlinmas bisa siap sedia, untuk melakukan antisipasi guna menjaga ketertiban dan ketentraman Kota Balikpapan. “Tanpa mengurangi antusiasme masyarakat, dalam menyambut dan menyukseskan berlangsungnya pesta demokrasi,” tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)