Raker Komwil V Apeksi Dibuka, Diharapkan Dapat Menghasilkan Solusi Bagi Pemerintah Kota di Kalimantan


BALIKPAPAN - Pembukaan Raker Komwil V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Kalimantan Periode Maret 2023 dilaksanakan Senin (20/3/2023) di Hotel Platinum Balikpapan. Kegiatan dibuka Direktur Eksekutif Apeksi, Alwis Rustam.

Sebelumnya, dua rangkaian kegiatan Apeksi telah dilaksanakan. Yakni Welcome Dinner (18/3/2023) serta penghijauan dan olahraga di Kebun Raya Balikpapan (KRB) yang juga dilanjutkan City Tour di Teluk Balikpapan (19/3/2023).

Kegiatan ini mengangkat tema penyediaan infrastruktur untuk mendukung pembangunan Kawasan Ibu Kota Negara (IKN). Direktur Eksekutif Apeksi, Alwis Rustam mengungkapkan, Komwil V merupakan komwil paling produktif di Apeksi. Pihaknya mengapresiasi dan salut atas upaya ketua komwil juga untuk menjaga tradisi.

"Berbagai masukan diberikan pda pemerintah pusat. Bukan hanya mengenai IKN, tapi banyak hal. Termasuk isu inflasi kota dan regulasi. Juga honorer non ASN," tutur Alwis Rustam.

Ia berharap ada titik terang terkait isu honorer ini. Bukan pemberhentian namun penyesuaian jam kerjanya. Dan sesuai kemampuan yang disimulasikan kabupaten/kota.

Menurutnya, ini tak hanya tahun politik, namun tahun perencanaan. "Ada RPJMD yang harus dibuat. Apalagi menjelang naskah teknokratik. Saat nanti wali kota definitif telah dipilih pada pildkada," tuturnya.

Sementara, Ketua Komwil V Apeksi, Basri Rasse mengungkapkan, Apeksi mendukung sepenuhnya IKN di Kalimantan. Ini sudah menjadi komitmen bersama. Ia berharap IKN menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi di Kalimantan. Sehingga menjadi manfaat yang besar untuk semua daerah di Kalimantan.

"Perlu dilakukan pengembangan matang. Kita sebagai daerah penyangga harus bisa ikut serta memberikan kontribusi. Baik di bidang ekonomi, infrastruktur atau lainnya," ungkap Basri.

Para pimpinan kota se Kalimantan ini akan melakukan penandatanganan nota kesepahaman, terkait upaya daerah sekitar IKN. "Kalimantan, terutama Kaltim, kami mendapat bantuan dari luar. Berbagai kebutuhan. Sehingga ini bisa jadi solusi bagi kita semua," katanya.

Ia pun berharap, dengan adanya kegiatan ini, hadirin dapat bertanya mengenai dampak IKN. Sehingga dihadiri narasumber dari Bappenas dan pihak-pihak yang memahami IKN kedepan.

Dalam kesempatan ini Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud juga menuturkan, saat ini sedang berlangsung tahapan pembangunan infrastruktur di IKN. Perumahan pekerja sudah dibangun, bahkan mess pekerja sudah mencapai 16 ribu mess pekerja.

"Fondasi istana negara juga tengah dibangun sekarang. Mudahan tidak ada halangan. Sesuai janji bapak Presiden, tahun 2024 nanti, hari kemerdekaan RI bisa dirayakan di IKN baru nanti," katanya.

Ia menyampaikan, jadi suatu kebanggaan, bahwa Kota Balikpapan dipilih menjadi tempat pelaksanaan forum ini. Ia berharap Balikpapan terdampak positif secara perekonomian. (diskominfo/cha/mgm)