Ajak Warga Tekan Inflasi, Wali Kota Buka Pasar Murah Ramadan Drivethru BIC


BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud membuka Pasar Murah Ramadan Drivethru yang berlangsung 24 Maret-2 April 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Balikpapan Islamic Center (BIC) dan diharapkan dapat membantu warga Balikpapan, khususnya umat muslim dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

"Puasa tak hanya tentang menahan lapar. Tapi juga bagaimana menahan nafsu amarah dan mengontrol diri, bijak dalam berbelanja. Karena berbelanja secara berlebihan dapat memicu inflasi dan berpengaruh pada kenaikan harga," tutur Wali Kota Rahmad Mas'ud (24/3/2023).

Menurutnya, hal tersebut bisa berdampak pada warga tidak mampu. Saat ini tingkat inflasi di kota Balikpapan per Februari 2023 mencapai 0,31 persen. Dan ini tertinggi di Kalimantan. "Tingkat inflasi ini dipengaruhi antara lain oleh kenaikan harga kelompok makanan, minuman maupun tembakau dengan andil 0,14 persen," bebernya.

Kendati dipahami bulan Ramadan hingga Idulfitri adalah momentum agar perekonomian nasional bergerak lebih cepat. Namun diharapkan perekonomian ini juga berdampak baik bagi para pelaku UMKM. Bukannya justru semakin terbebani dengan terjadinya inflasi dan kenaikan harga-harga kebutuhan. "Apalagi ini masih permulaan bulan Ramadan," ujarnya. 

Dlaam hal ini, lanjutannya, Pemkot Balikpapan mendukung upaya Bank Indonesia (BI) bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah dan Masyarakat Ekonomi Syariah untuk menekan laju inflasi pada Ramadan 1444 Hijriah. "Untuk itu saya mengimbau kepada masyarakat, belanjalah seperlunya dan secukupnya,” imbuhnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, R Bambang Setyo Pambudi juga menyampaikan terima kasih kepada Masyarakat Ekonomi Syariah, Majelis Ulama Indonesia, dan pihak lain yang telah aktif berkolaborasi dengan Bank Indonesia, dalam mengendalikan inflasi. (diskominfo/cha/mgm)