TP PKK Kota Balikpapan bersama Baznas Gelar Pesantren Ramadan

BALIKPAPAN - TP PKK Kota Balikpapan berkolaborasi dengan Baznas menggelar Pesantren Ramadan 1444 Hijriah/ 2023 Masehi. Kegiatan ini dibuka Kepala Bagian Kesra Setdakot Balikpapan, Budi Mulyatno mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud, Selasa (28/3/2023), di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Balikpapan.

Pembukaan juga dihadiri Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas'ud dan Ketua Baznas Kota Balikpapan, Abdul Rosyid Bustomi. Serta para peserta kegiatan dan perwakilan kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

Menyampaikan sambutan wali kota, Kabag Kesra, Budi Mulyatno mengungkapkan, bulan Ramadan ini jadi kesempatan umat muslim untuk meningkatkan ibadah dan berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya.

"Saya atas nama pemerintah Kota Balikpapan penghargaan tertingginya pada TP PKK Kota Balikpapan sama baznas yang telah mengisi kegiatan Pesantren Ramadan. Selain menjadi sarana meningkatkan pemahaman keislaman, juga bentuk rasa syukur atas datangnya bulan Ramadan," tuturnya.

Karena Pesantren Ramadan semacam ini sudah menjadi ciri khas muslim di Indonesia. Yang jadi budaya agung untuk mengenalkan Ramadan pada generasi muda Islam.

"Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Memperdalam pemahaman tentang ajaran Islam dan memahami arti penting puasa. Ini juga jadi kesempatan memperkuat alis silaturahmi antar sesama dan menebar kebaikan dan tolong-menolong," ungkapnya.

Di bulan Ramadan ini diharapkan juga bisa jadi kesempatan untuk melatih diri. Menahan diri dari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. "Puasa mengajarkan kita bersabar tawakal kepada Allah SWT. Dan menghindarkan segala bentuk perilaku yang tidak baik," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas'ud menyampaikan, tema kegiatan kali ini adalah berkolaborasi dan sinergi untuk meningkatkan kualitas anak-anak kita. Baik adab, maupun moral.

Dia bersyukur, pelaksanaan kegiatan ini bisa digelar di ruangan tertutup. Karena tahun sebelumnya, kegiatan semacam ini terkendala Pandemik COVID-19. "Pengaruh teknologi digital bagi anak-anak kita ini harus diimbangi dengan akhlak yang baik," ujarnya.

Sehingga ia mengajak para orang tua juga untuk memahami bagaimana pola asuh anak-anak yang kini masuk pada Generasi Z. "Kita harus bersabar dalam mendidik anak-anak yang berakhlak, beradab, dan bermoral. Karena pergaulan bukan lagi ya hanya dari tetangga atau teman, tapi juga digital," jelasnya.

Ia berharap ke depannya media sosial maupun teknologi digital bisa terus dimanfaatkan untuk kebaikan. "Saya berharap anak-anakku tidak mudah terpengaruh tren yang belum tentu baik," ungkapnya.

Pada akhir sambutan, Nurlena menyampaikan salam Wali Kota Rahmad Mas'ud. Ia berharap pemerintahanan yang dipimpin sang suami bisa bersinergi dengan berbagai kegiatan masyarakat. Serta visi misi bisa terselesaikan dengan doa bersama. "semoga Balikpapan lebih siap menghadapi tantangan berat ke depan," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)