Ramadan Creative Market Gedung Parkir Klandasan Dibuka Hingga 9 April

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan bersama Forum Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kota Balikpapan dan Onix Radio menggelar Ramadan Creative Market di Gedung Parkir Klandasan selama dua hari, 7-9 April 2023. Kegiatan ini dibuka Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud yang ditandai dengan pemukulan bedug.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Forum Ekraf Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas’ud, pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, perwakilan Bank Kaltimtara, PDAM Tirta Manuntung, BAZNAS Kota Balikpapan dan CEO Onix Radio.

Dalam kesempatan ini mewakili Wali Kota Balikpapan, Kepala Dinas Perdagangan, Haemusri Umar membacakan sambutan. Ia mengungkapkan, kegiatan Ramadan Creative Market ini sangat strategis dalam rangka mendorong iklim ekonomi kreatif dengan memanfaatkan momentum bulan Ramadan.

"Kegiatan positif seperti ini jauh lebih baik untuk mengisi waktu di bulan Ramadan, khususnya bagi generasi muda dalam menyalurkan kreativitas. Dari pada bermalas-malasan, perang sarung, balapan liar dan berbagai aktivitas lain yang lebih banyak mudaratnya dan meresahkan masyarakat lebih baik berkegiatan yang positif," ungkapnya (7/4/2023).

Selain itu Ramadan juga jadi kesempatan untuk meningkatkan amal, ibadah dan mengembangkan kreativitas untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomis dan komersial. Ia berharap kegiatan seperti ini dapat lebih sering diselenggarakan dengan memanfaatkan momentum hari-hari libur atau hari besar lainnya.

"Kegiatan semacam ini, di samping untuk menyemarakkan industri kreatif serta mampu menarik kunjungan wisatawan, juga berdampak positif bagi pendapatan daerah," katanya.

Ketua Forum Ekraf Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas'ud mengapresiasi anak-anak kreatif Kota Balikpapan karena sudah mulai menemukan jati dirinya dengan berani mengekspresikan diri melalui kegiatan-kegiatan positif.

“Di sini mengasah keterampilan yang dimiliki anak-anak remaja khususnya. Kegiatan ini yang pertama kali digelar dan akan menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya," ujar Nurlena.

Ia juga membagikan takjil untuk pengendara di sekitar kawasan Gedung Parkir Klandasan bersama komunitas. Ramadhan Creative Market menghadirkan kegiatan pasar Ramadan dengan di isi 10 stand UMKM yang menyediakan takjil untuk berbuka hingga pilihan fashion. (diskominfo/cha/mgm)