MTQ ke-44 Tingkat Provinsi Kaltim Digelar Bulan Depan, Persiapan Sudah 100 Persen

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan bersama Kementerian Agama (Kemenag) Wilayah Balikpapan dan stakeholder yang terlibat kepanitiaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 tingkat Provinsi Kaltim kembali menggelar rapat koordinasi di Ruang Rapat I Balaikota Balikpapan (28/4/2023).

Rapat tersebut dipimpin Asisten Tata Pemerintahan Setdakot Balikpapan, Zulkifli bersama Kepala Kantor Kemenag Wilayah Balikpapan, Johan Marpaung. Serta diikuti panitia dari berbagai instansi.

Zulkifli mengungkapkan, pihaknya telah mempersiapkan 14 item acara MTQ. Lima diantaranya adalah acara besar yang menjadi fokus utama. Dimulai dengan malam ta'aruf atau welcome dinner yang di dalamnya juga akan ada bai'at dewan hakim dan panitera MTQ.

"Persiapan dan perencanaan sudah 100 persen, tinggal pelaksanaannya. Jadi ekspos penyelenggaraan di tanggal 3 Mei nanti. Kota akan undang LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an) seluruh Kaltim, Kemenag Kanwil, juga LPTQ Porvinsi," tuturnya.

Ekspos akan dipimpin langsung Wali Kota Rahmad Mas'ud. Ia mengungkapkan, penerimaan kafilah pada 14 Mei, pendaftaran dan verifikasi calon peserta pada 14 dan 15 mei, lalu dilanjutkan malam ta'aruf di 15 Mei.

"Ada masukan pelaksanaan karnaval yang disarankan untuk maju. Tapi masih dipertimbangkan. Supaya tanggal 16 tidak terlalu padat. Di hari yang sama juga akan ada pembukaan ekspo di Dome (Balikpapan Sport and Convention Center Dome)," urainya.

Nantinya juga akan ada pembekalan, rapat dewan hakim, meeting officiall dan lainnya. Sementara itu pelaksanaan MTQ nanti di tanggal 17-20 Mei.

"Dilaksanakan empat hari di 10 venue. Sejauh ini semua kafilah dari kabupaten/kota menginformasi akan ikut semua," jelasnya.

Tempat-tempat yang akan jadi lokasi pelaksanaan MTQ ke-44 Provinsi Kaltim meliputi arena utama di halamAN PARKIR BSCC Dome Balikpapan, Gedung Aula KNPI Balikpapan, aula kampus Universitas Mulia Balikpapan, aula Rumah Jabatan Wali Kota Balikpapan, aula Kampus Universitas Balikpapan, Gedung Kesenian Balikpapan.

Kemudian aula kantor Kecamatan Balikpapan Selatan, gedung BSCC dome Balikpapan, aula Rumah Jabatan Wakil Wali Kota Balikpapan, dan aula kantor Kelurahan Sepinggan Raya. (diskominfo/cha/mgm)