Ikuti Lomba TTG di Bontang, Balikpapan Bawa Pulang Tiga Juara di Dua Kategori


BALIKPAPAN - Kontingen Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) asal Balikpapan berhasil meraih tiga prestasi di dua kategori pada ajang Lomba Teknologi Tepat Guna IX tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2023 yang diselenggarakan di Kota Bontang. Kegiatan ini berlangsung mulai 9 - 13 Mei 2023.

Prestasi yang diraih yaitu juara tiga di kategori Teknologi Tepat Guna Unggulan, yang berhasil diraih oleh Luhur Budi Tejapranata dengan kompor oli bekas. Kemudian untuk kategori Inovasi Teknologi Tepat Guna, juara dua berhasil diraih Elysia Aletha Natalie, 3 in 1 briket asap cair media tanam dan juara tiga oleh Hilma Garwydan dengan Flews (Flood Early Warning).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Balikpapan, Alwiati melalui Ketua Tim Pemberdayaan Masyarakat, Bekti Sri Wutianti mengungkapkan, ajang lomba ini terdiri dari beberapa kategori. Mulai dari lomba foto produk sampai Posyantek.

Dalam kesempatan ini juga menjadi ajang promosi produk UMKM dari masing-masing daerah. "Bahkan ada lomba futsal dan senam juga. Semua kegiatan dilaksanakan di Bontang," terangnya.

Ia menjelaskan, para peserta adalah juara satu, dua dan tiga di ajang serupa tingkat Kota Balikpapan. Mewakili Balikpapan, DP3AKB juga memboyong beberapa inovasi seperti pemanfaatan air hujan untuk instalasi air, juga pemanfaatan limbah batu bara dan lainnya.

DP3AKB berkolaborasi dengan Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan. Diantaranya memperkenalkan produk UMKM Kota Balikpapan. "Jadi tidak hanya memamerkan teknologi dari peserta Balikpapan saja, kita juga perkenalkan produk-produk UMKM, makanan khas Balikpapan, batik dan lainnya," jelasnya.

Lomba ini juga melibatkan perwakilan dari sejumlah Kecamatan maupun Kelurahan di Kota Balikpapan. Dalam pelaksanaan kegiatan di Kota Bontang ini para peserta juga sempat mengunjungi Badak LNG Bontang. "Ada banyak kegiatan yang kami ikuti. Selain lomba kami juga melakukan widya wisata bersama," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)