Hari Pertama Lomba MTQ Berlangsung di 10 Venue

BALIKPAPAN - Peserta MTQ ke 44 tingkat Provinsi Kaltim dari 10 kabupaten kota mulai mengikuti lomba MTQ di 10 venue yang disediakan panitia LPTQ Kota Balikpapan.

Dari 10 venue, ada beberapa yang sudah melaksanakan kegiatan lomba yakni venue 1 di gedung Dome, venue 8 di Dome dan venue di Aula Kodim.

“Di Aula Kodim ini dilombakan Hifzh Al Quran golongan Juz 10, Juz 20 dan Juz 30. khusus di Aula Kodim dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 17-19 Mei 2023. dari penyisihan sampai final,” ujar Kabag Kesra Kota Balikpapan Budi Mulyatno.

Di Dome berlangsung lomba Tilawah anak-anak untuk pagi hingga sore sedangkan malam akan berlangsung lomba tilawah tingkat dewasa. selain itu juga di dalam gedung Dome berlangsung lomba menghias Al Quran.

Sementara di Rumah Jabatan Wali Kota berlangsung lomba Qira’at Mujawwad remaja dan dewasa.

Begitu pula di kampus Universitas Mulia juga berlangsung lomba Tahfidz Quran (MHQ) 1 Juz dan MHQ 5 Juz dan lomba Tilawah. Untuk venue di Uniba berlangsung lomba Tafsir Bahasa Arab, bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Lomba juga berlangsung venue gedung Kesenian Balikpapan dengan MFQ (Musabaqoh Fahmil Quran/cerdas cermat) dan di venue Aula Kecamatan Balikpapan Selatan berlangsung lomba MSyQ (Musabaqoh Syarhil Quran). Di venue Aula Gedung Dome juga berlangsung lomba MKQ (naskah, hiasan, Mushaf, dekorasi dan kontemporer). untuk cabang lomba yang berlangsung di Rumah jabatan Wakil Wali Kota yakni lomba MKTiQ (Musabaqoh terjemahan ilmu Al Quran) .

Lokasi terakhir adalah kantor Sepinggan Raya juga dijadikan venue untuk lomba Hafalan Hadist 100 dan hafalan hadist 500.

Diketahui MTQ ke 44 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur resmi dibuka oleh Asisten Pemerintahan M Syrajuddin bersama Wali Kota Balikpapan dan bupati serta wali Kota se Kaltim, di halaman Dome, Selas (16/5) malam. (Tim Diskominfo)