Expo MTQ ke-44 Kaltim di BSSC Dome jadi Momentum Memajukan UMKM dan Industri Kecil

BALIKPAPAN - Sebagai rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 Kalimantan Timur, digelar Expo MTQ di halaman Balikpapan Sport and Convention Center (BSSC) Dome. Ekspo dibuka Wali Kota Balikpapan, Selasa (16/5/2023) pagi.

Dalam sambutannya, Wali Kota Rahmad Mas'ud mengungkapkan, ia menyambut baik pelaksanaan expo ini. Karena dalam bentuk dari memanfaatkan momentum untuk memajukan usaha dan industri kecil.

"Sekaligus kesempatan untuk mempromosikan diri, agar ke depan dapat semakin berkembang," ungkapnya.

Gelaran expo ini juga jadi nilai tambah untuk MTQ selain jadi ajang kompetisi Tilawatil Qur'an, juga kesempatan bagi masyarakat untuk mengenal produk lokal yang secara kualitas mampu bersaing.

"Baik fashion, kuliner, juga berbagai bentuk karya seni. Expo ini diharapkan makin menumbuhkan iklim industri di Kota Balikpapan, khsusunya Kalimantan Timur," katanya.

Sementara, Koordinator Ekspo, Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian, Heruressandy Setia Kesuma mengungkapkan ekspo ini dilaksanakan untuk mendampingi kegiatan di venue utama, BSSC Dome.

"Diselenggarakan 16-21 Mei 2023. Menghadirkan 70 stan, ada dari kafilah kabupaten/kota, produk UMKM unggulan, lembaga kemasyarakatan, dan lainnya," sebutnya.

Juga akan ada selingan kegiatan lomba untuk meramaikan kunjungan dari warga sekitar tempat pelaksanaan kegiatan. "Silakan bagi warga untuk menyaksikan gelaran MTQ di venue Dome. Untuk lomba nanti ada kerjasama dengan forum Ekonomi Kreatif," lanjutnya.

Beberapa lomba antara lain qasidah, rabana, pildacil, mewarnai juga drumband. "Kami harapkan masyarakat datang ke expo ini. Juga bagi para kafilah maupun perwakilan kabupaten/kota yang memang penginapannya kebanyakan di Balikpapan Selatan," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)