18 Peserta Tilawah Berkompetisi Melaju ke Final

BALIKPAPAN - Hari kedua pelaksanaan lomba MTQ ke-44 Kaltim pada cabang Tilawah menampilkan peserta dari kategori remaja dan dewasa di Majelis 1 yang dilaksanakan di BSCC Dome.


"Hari ini yang tampil 6 peserta remaja di pagi harinya, dan 7 peserta dewasa di malam harinya," ujar Ketua Majelis MTQ ke-44 untuk lomba Tilawah anak-anak, remaja dan dewasa Hj. Munawarah, Kamis malam (17/5/2023).


Sementara pada Jumat (18/5/2023) juga dilanjutkan cabang tilawah untuk kategori remaja 9 peserta pada pagi hari dan dewasa 6 pada Jumat malam. Peserta yang final semua kategori baik anak anak, remaja, dewasa dilaksanakan pada Sabtu (19/5/2023).


"Kalau total semuanya itu Anak-anak ada 17 peserta, kalau remaja 18 peserta dan dewasa 18 peserta, sedangkan final setiap kategori diambil 6 peserta sehingga total ada 18 peserta di final," jelasnya.


Menurut Munawarah dari ke 3 kategori, ada peningkatan kualitas terutama pada remaja dan dewasa. Kalau anak-anak agak turun, yang bagus memang pas lagi memasuki balig yang mana suara untuk qori dan qoriah.


"Baik intonasi suara dan tajwid sudah dilihat dari itu," akunya.


Adapun untuk pemberian penilaian melibatkan 12 dewan hakim yang dikumpulkan nilainya untuk disatukan mana yang tertinggi. Jika ada sama nilai maka yang dilihat dari catatan para dewan hakim terhadap peserta tersebut.


"Sehingga dewan hakim wajib memiliki catatan penampilan dari para peserta kafilah ini dan harus lebih teliti," pungkasnya. (Tim Diskominfo)