Tuntaskan Babak Final, 10 Peserta Canet MTQ Kaltim Memukau Dewan Hakim

BALIKPAPAN - Sebanyak 10 peserta kategori Cacat Netra (Canet) telah menuntaskan babak final Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 tingkat Provinsi Kalimantan Timur, pada Jumat (19/5/2023), di Veneu Majelis 2 Aula Rumah Jabatan (Rumjab) Wali Kota Balikpapan.

Ketua Dewan Hakim MTQ ke- 44 Kaltim, Drs. H. Qamarun Sanusi mengatakan, bahwa keseluruh konstestan Canet asal Kalifah Kabupaten/Kota se-Kaltim yang baru saja tampil itu, semua sejatinya mempertontonkan peforma terbaik. Bahkan diakuinya, saat uji kemampuan di mimbar para peserta memiliki lantunan suara-suara yang memukau.

"Pesertanya semua bagus-bagus. Hanya sebagian yang mengucapkan hurufnya kurang tepat," ujar Sanusi saat diwawancarai wartawan.

Untuk penilaiannya sendiri, lanjutnya, dewan hakim mengambil penjurian dari Tajwid (hukum huruf, dengung & bunyinya), Fasohah (kefasihan mengucapkan huruf) serta lagu dan suara.

Pun begitu, disebabkan kategori Canet sudah melakoni babak final, untuk selanjutnya, penilaian yang dikumpulkan dewan hakim akan segera disetorkan ke bagian sekretariat MTQ Kaltim, yang nantinya bertugas mengumumkan para juara.

"Kategori hari ini langsung sistem gugur. Jadi kami (dewan juri) langsung rapat terkait qira'atnya dan menilai. lalu hasilnya disetor ke sekretariat MTQ yang tugasnya mengumunkan pemenang nantinya," akunya.

Sanusi menambahkan, berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya-sebelumnya, MTQ tingkat Provinsi Kaltim tahun ini justru diikuti oleh banyak peserta kategori Canet.

"Dulu itu cuma empat saja, sekarang sudah sepuluh peserta," jelasnya.

Di tempat yang sama, Koordinator Panitia Majelis 2 MTQ ke-44 tingkat Provinsi Kaltim, Sri Wisnu Wiharsa merevisi, bahwa informasi terkait jumlah peserta kategori Canet yang tadinya menampilkan 12 kontestan, hanya diikuti 10 penampil saja.

"Awalnya 12 pendaftar, tapi yang lolos verifikasi hanya 10 saja yang boleh tampil," terangnya.
Wisnu menyampaikan, bagi kontingen kategori Canet, hasil pemenang akan di umumkan bersamaan dengan kategori lainnya pada Ahad (21/5/2023) malam di BSCC Dome, Balikpapan Selatan.

"Sebab kategori canet itu tidak ada lanjut ke babak final, tapi sekali tampil sudah otomatis final. Dan pemenangnya nanti diumumkan bersamaan dengan seluruh peserta kategori lain dari venue berbeda," tuntasnya. (Tim Diskominfo)