Dua Perwakilan Balikpapan Berhasil Lolos Semifinal MKTIQ

BALIKPAPAN-Perlombaan Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al- Quran (MKTIQ) dalam gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 tingkat Provinsi di Balikpapan mulai memasuki babak semifinal. Perwakilan dari kota minyak berhasil menaruh dua peserta pria dan wanita di semifinal.
Koordinator Majelis 9 MTQ ke-44 Iskandar Yusuf mengatakan, Jumat (19/5), semifinal perlombaan karya tulis atau MKTIQ berlangsung. Ada 12 peserta yang berhasil masuk dari 18 peserta.
“Mereka kembali diuji. Seperti babak penyisihan, mereka diminta untuk membuat makalah atau karya tulis lagi. Sebelumnya mengangkat tema pemberdayaan ekonomi umat dan di semifinal, Moderasi Agama,” jelasnya.
Aturannya sama seperti sebelumnya, mereka wajib membuat karya ilmiah maksimal 15 lembar. Refrensi tidak boleh menggunakan internet, mereka harus menggunakan buku-buku baik hadis atau Al Quran yang mereka bawa.
Perlombaan mulai pukul 8.00 Wita sampai 17.30 Wita. Karena hari Jumat dab harus melaksanakan shalat Jumat, maka ada pengunduran waktu pengumpulan dibanding sebelumnya.
“Kami mengapresiasi karya merek. Dibabak penyisihan tidak ada peserta yang tidak mengumpul. Mereka berhasil menyelesaikan semua halaman. Kami juga kesulitan menentukan siapa yang lolos,” bebernya.
Tim dewan hakim sendiri akan mengumumkan siapa yang masuk final tepat dimalam hari. “Setelah dikumpul kami butuh waktu untuk mengeceknya,” bebernya.
Untuk babak final sendiri dilaksanakan di Sabtu (20/5) mulai siang hari. Akan dipilih tiga peserta dari masing-masing kategori yakni pria dan wanita. “Mereka akan mempresentasikan hasil karya di Semifinal. Jadi tidak ada menulis lagi. Mereka langsung mempresentasikannya ke depan dewan hakim,” tambahnya.
Dua peserta dari Balikpapan baik kategori pria Juliansyah dan kategori wanita Nauratyn Nahdhah mereka berhasil masuk babak semifinal. (Tim Diskominfo)