Ketua Ekraf Balikpapan Ajak Ramaikan MTQ ke-44 Kaltim, Dukung Program Prioritas Peningkatan Ekonomi Kreatif

BALIKPAPAN - Momen Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-44 Provinsi Kalimantan Timur yang digelar di Kota Balikpapan menjadi angin segar bagi pelaku usaha Balikpapan. Terutama UMKM yang terlibat langsung dalam Expo MTQ di Balikpapan Sports and Convention Center (BSSC) Dome.

Dalam pelaksanaan expo hari kelima, Ketua Umum Forum Ekonomi Kreatif Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas'ud mengunjungi stan-stan UMKM. Ia mengungkapkan, kegiatan expo ini dilaksanakan untuk meramaikan gelaran MTQ tingkat provinsi.

Kegiatan expo semacam ini juga bentuk dukungan terhadap pelaksanaan program prioritas Pemerintah Kota Balikpapan. Yakni Balikpapan sebagai kota kreatif. Balikpapan sebagai wadah pusat pembinaan dan pengembangan ekonomi kreatif. Ini meliputi penyelenggaraan expo sebagai ajang promosi dan pemasaran produk-produk kreatif.

Juga berbagai kegiatan kreatif yang diikuti anak-anak muda Kota Balikpapan. Karena tak hanya stan UMKM, ada juga berbagai penampilan dari anak-anak Balikpapan. "Kita ramaikan juga dengan qasidah, lomba mewarnai, maching band, lomba pikdacil, dan fashion show," ungkapnya diwawancarai Sabtu (20/5/2023).

Expo ini juga bentuk hiburan bagi masyarakat Kota Balikpapan. Karena masyarakat tak hanya bisa menyaksikan MTQ, tapi juga berburu kuliner dan menikmati hiburan lainnya. Selain itu secara keseluruhan kegiatan juga sebagai upaya memajukan ekonomi Kota Beriman.

"Maka kita gandeng semua elemen. Bahkan ada peserta expo UMKM dari Kota Batu, Jawa Timur. Saya tanya, informasi expo ini tahu dari mana. Mereka jawab, memang kerap mengisi ekspo di acara MTQ. Karena mereka menjual kerajinan bambu kaligrafi. Juga ada aksesoris lain dari bambu," terang Nurlena.

Ia pun memastikan UMKM yang terlibat menjual produk sesuai standar dan tidak sembarangan. Kemasan maupun pengolahan produk dapat dipastikan baik, karena merupakan UMKM binaan Ekraf Balikpapan.

"Maka saya ajak seluruh pihak, juga para anak muda Balikpapan. Ayo lancarkan acara MTQ ini. Berikan support peserta dan nikmati berbagai kuliner di sini," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)