Penutupan MTQ ke-44 Provinsi Kaltim, Wagub Apresiasi Balikpapan Kerahkan Seluruh Potensi dalam Penyelenggaraan

BALIKPAPAN - Penutupan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-44 tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) oleh Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi dilaksanakan Minggu (21/5/2023) di Balikpapan Sport and Convention Center (BSSC) Dome. Pada kesempatan ini hadirin disuguhi dengan suara merdu penyanyi religi Indonesia, Opick.

Kegiatan penutupan ini dihadiri para pejabat Provinsi Kalimantan Timur dan jajaran pimpinan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) kota maupun Provinsi Kaltim. Juga Dewan Hakim dan perwakilan maupun kafilah dari kabupaten/kota peserta MTQ ke-44 Kaltim.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Kaltim, Abdul Halim, dalam sambutannya menyampaikan penghargaan sebesar-besarnya kepada pemerintah daerah dan masyarakat kota Balikpapan yang telah mensukseskan pelaksanaan MTQ Kalimantan Timur.

"Semoga gelaran MTQ di kota Balikpapan memberi pengaruh dan syiar dakwah bagi seluruh lapisan masyarakat. Terutama seluruh umat Islam," tuturnya.

Menurutnya, indikator kesuksesan MTQ tidak hanya dari jumlah peserta, namun juga semangat mendekatkan tujuan mulia MTQ. "Agar di tahun-tahun berikutnya semakin berkembang dan peningkatan kualitas," harap Abdul Halim.

Menutup kegiatan, Wakil Gubernur Hadi Mulyadi menyampaikan, pihaknya mengapresiasi Kota Balikpapan yang mengerahkan seluruh potensinya untuk kesuksesan MTQ ini. "Saya dapat laporan bahwa Wali Kota Balikpapan bahkan menggratiskan 470 angkot di Balikpapan. bahkan seluruh venue dihadiri ratusan bahkan ribuan warga Balikpapan," ungkapnya.

Ia bangga dan bersyukur Balikpapan memiliki perhatian untuk mensukseskan MTQ ini. Apalagi penyelenggaraan secara keseluruhan sudah sangat baik mulai pembukaan hingga penutupan.

"Tahun depan Kalimantan Timur telah ditetapkan Kementerian Agama sebagai penyelenggara MTQ Nasional ke-30. Karena kemungkinan venue akan berlokasi di Balikpapan, Kutai Kartanegara, Samarinda, dan Ibu Kota Negara di PPU," sebutnya.

Sementara, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud memberi penghargaan karena pelaksanaannya MTQ berlangsung sukses. Khususnya mencakup empat aspek, yakni penyelenggaraan, prestasi, pemberdayaan UMKM dan Ekonomi Kreatif, juga promosi Pariwisata Kota Balikpapan.

Ia juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kinerja dewan hakim, panitia, ofisial, seluruh kafilah dan semua pihak yang terlibat.

"Kami selaku panitia juga menyadari, bahwa penyelenggaraan MTQ kali ini tidak lepas dari kekurangan dan kekhilafan. Untuk itu saya atas nama Panitia dengan segala kerendahan hati memohon maaf sebesar-besarnya," ucap wali kota dalam laporannya.

Untuk diketahui kafilah Balikpapan juga berhasil menjadi peserta terbaik di beberapa kategori, diantaranya Hafizh terbaik I golongan V juz dan tilawah dan Qariah terbaik golongan cacat netra. Selain itu Balikpapan juga memperoleh peserta terbaik II dan III , serta harapan pada kategori lainnya. Pada gelaran MTQ ke-44 tingkat Provinsi Kalimantan Timur ini Balikpapan secara keseluruhan berhasil memperoleh lima juara I, empat juara II dan lima juara III. (diskominfo/cha/mgm)