Lantik Ketua TP PKK Empat Kecamatan, Ketua TP PKK Kota Titipkan Kader-Kader

BALIKPAPAN - Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas'ud melantik empat Ketua TP PKK tingkat Kecamatan, yakni Kecamatan Balikpapan Timur, Selatan, Utara dan Tengah, Selasa (13/6/2023) di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Balikpapan. 

Kegiatan ini juga dirangkai rapat koordinasi tingkat Kota Balikpapan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga tahun 2023. 

Dalam sambutannya, Nurlena mengatakan, dengan telah dilantiknya Ketua TP PKK di empat kecamatan ini berarti ada amanah yang harus dijalankan sebagai istri camat.

 "Yaitu membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan keluarga. Ibu semua harus ikhlas membantu masyarakat melalui 10 program pokok PKK. Karena mau tidak mau anda adalah ibunya masyarakat di lingkungan anda. Jadilah contoh yang baik untuk masyarakat," ungkapnya. 

Ia menegaskan, slogan yang mesti ditanamkan dalam kepala para pengurus PKK Kota Balikpapan, yakni tahu, mau dan mampu. "Karena jika tagline tersebut diterapkan, maka kegiatan-kegiatan akan lebih mudah diimplementasikan," jelansya. 

Terlebih PKK harus bekerja ikhlas tanpa digaji. Sehingga Nurlena juga menyampaikan bahwa ia menitipkan kader-kader PKK yang telah bekerja dengan ikhlas. "Jadilah ibu yang bijak dan ngomong pada kader-kader ini. Karena hampir semua pimpinan daerah menetapkan, zaman sekarang tidak mudah mencari kader PKK," katanya. 

Dirinya menambahkan, terkait rangkaian kegiatan rakor hari ini adalah tindak lanjut dari rakor PKK tingkat Provinsi di Berau. "Pada Rakor di Berau telah disampaikan kebijakan-kebijakan oleh pusat untuk diteruskan secara berjenjang. Gerak PKK juga harus selalu diperbarui sesuai perkembangan zaman," lanjutnya. 

Ia berharap para ibu bisa terus mengasah ilmu dan peka dengan perkembangan zaman. Juga dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk hal positif. "Terus semangat, mari bergandengan tangan dan bahu membahu, mewujudkan masyarakat yg sehat dan sejahtera," tandasnya. 

Ia menekankan, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan. Berfungsi sebagai fasilisator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya program PKK.

"Tugas kita sebagai penggerak PKK adalah merencanakan, melaksanakan, dan membina pelaksanaan program-program kerja TP PKK. Dimana sesuai dengan keadaan, kondisi dan kebutuhan masyarakat kita. Yakni menghimpun, menggerakkan, dan membina potensi masyarakat, khususnya keluarga untuk terlaksananya program-program TP PKK," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)