PPDB Segera Dibuka, Disdikbud Kota Balikpapan Jelaskan Pendaftaran Empat Jalur dan Reguler

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan, dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melaksanakan rilis media Rabu (14/6/2023) di Ruang Rapat I Balaikota Balikpapan. Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Diskominfo, Abdul Rachim.

Salah satu informasi yang disampaikan kepada awak media yakni terkait pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru di Kota Balikpapan. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, Irvan Taufik yang didampingi Sekretaris Disdikbud, Ganung Pratikno menyampaikan, saat ini tengah dilakukan penguatan sistem oleh seluruh kepala sekolah bersama PT Telkom.

Selanjutnya akan dilakukan verifikasi dan validasi untuk PPDB yang kemudian akan dibuka melalui empat jalur. Yakni zonasi, afirmasi, prestasi dan mutasi.

"Ini divalidasi yang dibuka 21-30 Juni. Jadi untuk jalur prestasi sudah melakukan legalisir oleh penyelenggara lomba yang diikuti calon siswa jalur prestasi. Ini sebagai bukti untuk bisa mendaftar di jalur prestasi," beber Irvan.

Menurutnya banyak pertanyaan mengenai kapan link atau tautan pendaftaran dibuka. Nantinya link pendaftaran ini bisa mulai dibuka pada 26, 27, 28, dan 30 Juni. "29 Juni libur karena Iduladha. Ini penting diketahui masyarakat," katanya.

Sistem online ini dibuka 24 jam. Namun jika tidak dapat mengisi, harus ke sekolah yang dituju. Di sana nanti Ada petugas yang membantu. Verifikasi dan validasi dilakukan juga secara online melalui kanal PPDB.

"Jika secara offline verifikasi validasi ini, bisa sampai 500 orang bersamaan yang datang dan tidak terlayani. Sekarang secara online, dapat membuka tautan PPDB," katanya.

Dengan pendaftaran melalui tautan tersebut juga dapat diketahui waktu dan hari apa dilayani.

Ia melanjutkan, yang juga tidak kalah penting adalah, bahwa seluruh tim verifikator yang diambil. Takni di jalur prestasi dari Disdikbud Kota Balikpapan, jalur Tahfiz dari Kementerian Agama, jalur mutasi dari Disdikbud, dan jalur afirmasi dari Dinas Sosial.

"Semua verifikasi dilakukan terpusat di Dinas Pendidikan Kota Balikpapan. Sehingga tidak ada verifikasi di luar itu. Tim Kemenag juga akan dipanggil untuk melayani verifikasi," katanya.

Menurutnya untuk kegiatan yang berkaitan dengan agama memang terpusat di Kementerian Agama. Verifikasi untuk tahfiz dilakukan secara langsung. Yakni dites secara langsung. "Sehingga jangan sampai ada sertifikat yang dikeluarkan namun saat dites tidak bisa," katanya.

Selanjutnya jadwal pada Juli adalah pengumuman, dilanjutkan dengan daftar ulang 1-3 Juli. "Setelah pengumuman bisa langsung daftar ulang. Karena pengumumannya kan online," imbuhnya.

Sementara itu pendaftaran jalur reguler dibuka 4-5 Juli, yang dilanjutkan pengumuman untuk reguler pada 6 Juli. Lalu daftar ulang pada 6-7 Juli 2023.

Ia melanjutkan, kegiatan pasca PPDB, 10 Juli adalah hari pertama siswa masuk sekolah. "Kegiatan SMP pengenalan lingkungan sekolah. Untuk SD agak lama, cukup banyak (pengenalan lingkungan) di 10-22 Juli. Jadi secara keseluruhan masih sama dengan tahun lalu. Yang berubah hanya zonasi di Balikpapan Barat karena ada SMP 25 yang sudah dibangun," terangnya. (diskominfo/cha/mgm)