Dishub Kota Balikpapan Beberkan Capaian dan Rencana Program Balikpapan Terang

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan telah memfasilitasi penerangan jalan umum (PJU) mencapai 15.841 unit hingga 2022. Ini merupakan implementasi dari program Balikpapan Terang oleh Dishub Kota Balikpapan.

Selanjutnya Dishub akan menambah dan mengubah juga beberapa PJU. Diantaranya di Jalan Jenderal Sudirman yang akan dibuat lebih estetik dan dayanya akan dinaikkan.

"Ada 170 unit yang akan dipasang sepanjang Jalan Jenderal Sudirman sebagai kelanjutan tahun 2022," sebut Kepala Dishub Kota Balikpapan, Adwar Skenda Putra, Rabu (15/6/2023) pada rilis media di Ruang Rapat I.

Selain itu di tahun 2023 ini jumlah unit yang akan dipasang adalah 1.765 unit. Menurutnya ini pun masih kurang jika termasuk permohonan warga akan pemasangan baru dan pergantian yang mencapai 400 permohonan.

"Mudah-mudahan di tahun ini masih ada yang bisa digunakan untuk memenuhi permohonan warga tersebut," lanjutnya.

Edo, sapaan Adwar Skenda menjelaskan, pada tahun ini Pemerintah Kota Balikpapan juga mendapat bantuan keruangan sebesar Rp13 miliar untuk PJU. Yang titik utamanya akan dipasang di Kilometer 13 dan Mulawarman.

Sementara itu dari APBD kota ada sekira Rp25 miliar untuk PJU. Termasuk beberapa pemeliharaan lampu-lampu. Meskipun dirinya mengakui ada beberapa permohonan warga belum bisa dipenuhi karena setelah dicek, di sana belum ada jaringan. Jalannya pun masih tanah. Padahal pemasangan ini adalah untuk keselamatan berlalulintas.

"Ada bagian tertentu yang ranahnya di kecamatan atau Dinas Permukiman. Mudahan nanti bisa difasilitasi untuk PJU permukiman," ungkapnya. (diskominfo/cha/mgm)