Nurlena Rahmad Mas'ud Dikukuhkan Sebagai Bunda Literasi Kota Balikpapan

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud mengukuhkan Nurlena Rahmad Mas'ud sebagai Bunda Literasi Kota Balikpapan, Senin(19/6/2023). Kegiatan pengukuhan ini juga dirangkai dengan talkshow peningkatan indeks literasi masyarakat untuk kesejahteraan, berlokasi di Aula Balaikota Balikpapan.

Talkshow bertema "Literasi untuk Masa Depan yang Sejahtera" ini diikuti oleh pegiat literasi di Kota Balikpapan, penulis, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, para kepala sekolah, pengelola perpustakaan dan taman baca di Kota Balikpapan.

Pengukuhan juga disaksikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, dan Adin Bondar yang sekaligus sebagai narasumber talkshow.

Dalam sambutannya, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud mengungkapkan, dalam pengukuhan bunda literasi, banyak pihak terlibat. Termasuk kolaborasi bersama semua elemen masyarakat, penulis dan komunitas gemar baca di Kota Beriman.

"Mudahan ini bermanfaat. Karena ini sejalan dengan visi dan misi kita bersama, yaitu mencerdaskan anak bangsa kita," tuturnya.

Wali Kota juga mengucapkan terimakasih atas keterlibatan semua pihak. Karena ini adalah tanggung jawab bersama untuk mencerdaskan anak bangsa. Tidak hanya secara intelektual, tapi juga spiritual.

"Terutama di tengah perkembangan globalisasi dan digitalisasi. Religi juga mesti ditingkatkan," katanya. Ia sangat mengharapkan komitmen seluruh pihak yang hadir dalam peningkatan literasi bersama ini.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan, Elvin Junaidi menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk arah bagi peningkatan minat baca di kalangan masyarakat. Terutama generasi muda dan masyarakat.

"Kami berharap nantinya tumbuh generasi yang jadi garda terdepan dalam menghidupkan budaya literasi. Baik di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, maupun masyarakat," ungkap Elvin. Dengan begitu akan tercipta generasi yang berliterasi, berkarakter, dan mampu mewujudkan keunggulan daerah. (diskominfo/cha/mgm)