Pemkot Gelar Bazar Pangan 26 dan 27 Juni di Halaman Kantor DP3

BALIKPAPAN - Dalam rangka menekan lonjakan harga kebutuhan pokok jelang momen Iduladha, Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan akan menggelar bazar pangan, bertajuk "Gerakan Pangan Murah", 26 - 27 Juni 2023 di halaman Kantor DP3, Jalan Marsma Iswahyudi, kawasan Gunung Bakaran, Balikpapan Selatan.

Sejumlah kebutuhan pokok yang tersedia diantaranya, beras, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, cabai rawit, sayur-mayur dan masih banyak lagi yang lainnya. Kebutuhan tersebut dipastikan berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau dari di pasaran.

Kepala DP3 Kota Balikpapan, Sri Wahyuningsih mengungkapkan, ini adalah upaya pemerintah kota untuk menjaga kestabilan pasokan dan harga pangan di Kota Beriman. "Untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan, serta pengendalian inflasi. khususnya menjelang hari raya Idul Adha 1444 H," ungkap Yuyun, sapaannya (23/6/2023).

Ia mengajak warga Kota Balikpapan memanfaatkan momen bazar pangan ini untuk membeli kebutuhan. Diharapkan bazar pangan ini bisa mengimbangi harga di pasaran, sehingga menekan inflasi di kota Balikpapan. "Supaya masyarakat juga mendapatkan pangan murah dan terjangkau dengan mudah," imbuhnya.

Beberapa jenis komoditas yang ada di bazar pangan ini, lanjut dia, juga merupakan hasil-hasil produk pangan lokal atau berasal dari petani Kota Balikpapan. Pihak-pihak yang terlibat meliputi Bank Indonesia, Dinas Perdagangan, Diskominfo, DKUMKM, DISPORA, Dishub, Bagian Perekonomian, Perum Bulog, PT. RNI, PT. PPI, Perumda Manuntung Sukses, KTI, KTM, Gapoktan/petani/nelayan Kota Balikpapan, serta UMKM.

"Silakan datang ke bazar pangan di halaman kantor Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan, harganya dijamin terjangkau dan untuk beberapa produk di bawah harga pasaran atau menggunakan harga distributor," ajaknya.

Selain bazar pangan, pada 26 Juni juga akan digelar vaksin rabies untuk hewan kucing dan anjing. Vaksin ini gratis terbatas untuk 100 ekor anjing/kucing dan dipastikan dalam keadaan sehat. "Untuk vaksin pendaftaran bisa langsung di lokasi mulai pukul 08.00 Wita," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)