Momen Iduladha 1444 Hijriah, Wali Kota Salat Id di Masjid Ad Din Manggar,


BALIKPAPAN - Pada Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah atau tahun 2023 ini Kamis (29/6/2023), Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud bersama keluarga melaksanakan salat id di Masjid Ad Din Manggar. Dalam kesempatan tersebut wali kota juga menyampaikan sambutan dan membuka pelaksanaan kurban.

Ia memohon maaf dan mengajak para jamaah untuk bisa saling memaafkan. Momen Iduladha ini menjadi kesempatan memupuk akhlak yang baik melalui jalinan silaturahmi. Dengan begitu terbentuk pondasi yang kuat untuk bersama membangun Kota Balikpapan agar lebih maju.

"Hakikatnya berkurban adalah mengikhlaskan sesuatu yang kita anggap berharga, bagi kebaikan orang banyak. Ini juga menjadi wujud kepatuhan terhadap perintah Allah. Seperti yang terkandung dalam Alquran surah AL Hajj ayat 34-35," tuturnya.

Oleh karena itu ia mengajak seluruh jamaah untuk tidak pernah berhenti bersyukur atas kenikmatan yang telah diberikan Allah SWT. Apalagi dengan kondisi bangsa Indonesia yang saat ini sudah jauh membaik dibanding satu atau dua tahun lalu ketika pandemik Covid-19.

"Mari memanfaatkan momentum ini untuk berkarya, bekerja secara produktif membantu sesama, dan membangun generasi penerus yang sehat, cerdas dan berakhlak mulia," ajaknya.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat turut serta menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024. "Yaitu dengan menggunakan hak pilih dan menjaga agar pelaksanaan pemilu bisa berjalan aman dan damai," tuturnya.

Wali kota juga menambahkan, kemarin bertepatan dengan jamaah haji Indonesia yang melaksanakan wukuf di Padang Arafah. Ada sebanyak 531 jamaah haji asal kota Balikpapan. "kita doakan bersama saudara-saudara kita untuk diberikan kekuatan dalam menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji. Kemudian bisa pulang ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji mabrur," harapanya.

Iya juga berpesan kepada pihak-pihak yang melaksanakan pemotongan hewan kurban, untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dirinya juga berharap masyarakat bisa menghindari penggunaan kemasan plastik atau sterofom dalam pendistribusian daging kurban. (diskominfo/cha/mgm)