Kenalkan Budaya Balikpapan, Pemkot Ikuti Expo Kaltim di Jakarta


BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan mengikuti gelaran Kaltim Expo yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur pada 23-25 Juni 2023 lalu di Sarinah, Jakarta. Kegiatan bertujuan untuk mengenalkan Kalimantan Timur kepada masyarakat di luar Kaltim.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan, Heruressandy Setia Kesuma mengungkapkan, kegiatan ini adalah program rutin Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

"Jadi ada expo dan gelaran karya seni budaya dari masing-masing daerah di Kaltim. Kami fashion show dan berkesempatan menunjukkan busana khas Balikpapan," ungkap Heruressandy (6/7/2023) di kantornya.

Menurutnya, sejumlah kerajinan Balikpapan dipamerkan. Diantaranya Batik Kelubut, Arnesta, dan DNL. Para peraga busana adalah binaan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan. "Jadi melibatkan kolaborasi DKUMKMP, Disporapar, dan Dinas Perdagangan. Juga melibatkan Dekranasda Kota Balikpapan," sebutnya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan lagi Oktober atau November mendatang di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta. "Dan berdasarkan ibu Sekda Provinsi, tahun depan akan diselenggarakan di Balikpapan," bebernya.

Balikpapan ditunjuk sebagai kota pelaksana Kaltim Expo 2024. Meskipun selama ini memang dilaksanakan di luar Kaltim untuk mendekatkan ke khalayak ramai yang belum sempat datang ke Kaltim. "Makanya ditunjuk Sarinah yang kini memang sudah jadi tempat kerajinan dan UMKM memamerkan produk mereka," jelasnya.

Sarinah kini semakin menarik, sehingga dirasa cocok untuk kegiatan ini. Menurutnya, pada Kaltim Expo Juni lalu banyak wisatawan luar negeri juga yang berkunjung dan membeli produk UMKM Kaltim. "Yang paling laris ada makanan olahan seperti amplang, wedang jahe, dan manik-manik. Banyak terjual. Banyak hasil UMKM yang kami bawa dan disenangi di sana," tuturnya.

Menurutnya, dari gelaran ini juga Kaltim, khususnya Balikpapan ingin menunjukkan wajah Ibu Kota Negara Nusantara. "Semoga nanti saat dilaksanakan di Balikpapan tahun depan, mereka mau datang ke Balikpapan. Karena tidak lagi digelar di luar daerah, tapi kita kita sendiri," ujarnya.

Kegiatan Kaltim Expo ini juga diikuti kabupaten/kota lainnya di Kaltim. Ia menambahkan, kegiatan ini selalu berhasil menarik pengunjung, bahkan dari kedutaan besar di Jakarta. "Kemarin Sekjen Dubes Kamboja datang. Di TMII tahun lalu 2022 juga hampir semua duta besar datang," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)