UMKM Kota Balikpapan Ramaikan FORNAS 2023 di Kabupaten Bandung

BALIKPAPAN - Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian (KUMKMP) Kota Balikpapan turut meramaikan pameran pada pelaksanaan Festival Olahraga Masyarakat Nasional (FORNAS) 2023. Kegiatan ini berlokasi di tiga tempat, yakni Kabupaten Bandung, Kota Bandung, dan Kota Bekasi.

Pameran ini sendiri digelar di Kabupaten Bandung. Kota Balikpapan mengirimkan perwakilan atlet selain juga ikut terlibat dalam pameran FORNAS yang digelar selama tujuh hari, yakni 2-8 Juli 2023.

"Kami membawa tiga UMKM langsung bersama pemiliknya. Mereka menyajikan produknya. Kami juga mengajak sanggar kesenian yang juga memamerkan karyanya," ungkap Kepala Dinas KUMKMP Kota Balikpapan, Heruressandy Setia Kesuma (6/7/2023).

Penampilan yang dibawakan adalah seni tari dengan pakaian lengkap. Selanjutnya untuk gelaran pameran Balikpapan mendapat dua stand di tengah. yang juga bergabung denga seluruh Indonesia.

Ditambahkan Kepala Bidang Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Balikpapan, Indira Purnamajaya, di pameran ini produk Balikpapan sangat digemari. Karena banyak pengunjung yang tertarik dengan Ibu Kota Negara (IKN).

Apalagi FORNAS adalah acara nasional yang diikuti semua kalangan, tua hingga muda. Juga usia menengah hingga lansia, maka banyak peserta yang terlibat. Jumlah yang hadir mencapai 20 ribuan.

"Karena Balikpapan merupakan kota penyangga IKN, banyak atlet dan masyarakat hadir dan penasaran. Maka mereka datang ke stand Kota Balikpapan," terang Indira.

Yang paling digemari adalah kerajinan manik-manik dari Balikpapan. Penjualan kerajinan sejak hari pertama menurutnya cukup tinggi.

"Kita juga bawa tenun, ulap doyo, dan produk makanan UMKM," katanya. Untuk makanan, sambel banyak digemari. Juga amplang dan produk olahan lainnya.

Balikpapan dalam hal ini unggul karena lokasi stand yang strategis dan pemilik UMKM yang hadir menjelaskan produknya. "Sehingga terjadi interaksi soal IKN, produk dan kebudayaan di Balikpapan," katanya. (diskominfo/cha/mgm)