Drainase dan Semenisasi di Empat RT Karang Jati Mulai Dikerjakan, Camat Balteng Ajak Jaga Fasilitas Publik

BALIKPAPAN - Camat Balikpapan Tengah, Agung Budi Wibowo, mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud membuka peresmian pekerjaan drainase RT 4 dan RT 11, serta semenisasi RT 19 dan 20 Kelurahan Karang Jati, Jumat (7/7/2023) di SD 021 Balikpapan Tengah.

Yang mana pengerjaan drainase dan semenisasi ini merupakan aspirasi DPRD Kota Balikpapan. Peresmian dihadiri anggota DPRD Kota Balikpapan yang merupakan Wakil Komisi II dapil Balikpapan Tengah, Nelly Turuallo.

Dalam sambutan Wali Kota, disampaikan bahwa Pemerintah Kota Balikpapan menyambut baik pengerjaan fasilitas umum berupa perbaikan drainase dan semenisasi jalan ini.

"Pemerintah kota Balikpapan menyampaikan apresiasi atas kolaborasi dan sinergi yang baik dengan DPRD Kota Balikpapan. Khususnya kepada ibu Nelly Turuallo. Serta LPM Karang Jati yang mengawal aspirasi masyarakat," ungkapnya.

Sehingga fasilitas publik ini bisa dibangun. Ia mengatakan, sejauh ini sudah ada 11 fasilitas terbagun di kelurahan ini. Masih ada 19 fasilitas lagi diharapkan bisa dibangun juga.

"Artinya kita butuh orang seperti pak Aris dan bu Nelly. Tentunya juga bapak dan ibu sekalian yang bisa mengolaborasikan. Sehingga kawasan kita bisa terbangun dengan baik fasilitasnya," tutur Agung.

Ia juga berharap seluruh masyarakat menjaga fasilitas publik ini sebagaimana mestinya. Karena bagaimanapun sarana ini adalah milik bersama. "Dibangun dari bapak ibu juga dan demi kemaslahatan bersama," katanya.

Ia pun menambahkan kepada masyarakat Karang Jati, agar tidak segan menegur siapa saja yang merusak sarana umum ini, yang nantinya akan dibangun. "Kalau ada orang yang membuang sampah baik sengaja maupun tidak, di saluran ini agar ditegur. Agar tidak mengulangi lagi. Karena saat saluran air lancar kita juga terhindar dari bencana," ungkpanya.

Pembangunan sarana dan prasarana umum ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membangun visi Balikpapan sebagai Kota penyangga Ibu Kota Negara yang terkemuka, nyaman dihuni, modern dan sejahtera dalam bingkai madinatul iman.

"Selain pembangunan infrastruktur, pemerintah kota Balikpapan juga berkomitmen memberikan perhatian lebih terhadap berbagai program pendidikan dan kesehatan, yang telah, sedang dan akan kita tuntaskan," jelas Agung.

Ia pun menyampaikan, di bidang pendidikan pemerintah kota Balikpapan memberikan beasiswa Bantuan Operasional Sekolah, seragam gratis, pembangunan sekolah dan sebagainya.

Sedangkan di bidang kesehatan pemerintah memberikan bantuan iuran peserta BPJS Kesehatan secara gratis untuk masyarakat kurang mampu. Juga ada peningkatan layanan kesehatan dan berbagai program lainnya.

"Namun program tersebut butuh kolaborasi dan sinergi semua komponen. Salah satunya dengan menjaga ketertiban dan keamanan. Terlebih kita saat ini memasuki tahun politik. Maka menjaga persatuan dan kesatuan. Jangan mudah terprovokasi informasi palsu hoaks dan adu domba," tandasnya.

Sementara Anggota DPRD Nelly Turuallo mengungkapkan, pengerjaan drainase maupun semenisasi jalan ini adalah bentuk dari kerjasama masyarakat, pemerintah dengan pihaknya. "Apa kebutuhan masyarakat yang belum tersentuh. Bekerjasama dengan masyarakat, supaya tau apa kebutuhannya," ungkapnya.

Ia berharap, ke depan makin banyak yang bisa dipenuhi untuk masyarakat. Ia juga berharap komunikasi dengan camat maupun lurah bisa terus terjalin. "Jika ada catatan khusus silakan sampaikan ke saya," katanya.

Ia pun mengatakan, pihaknya juga akan terus mendukung program-program yang dilaksanakan pemerintah. Ia juga menyampaikan agar masyarakat Karang Jati tidak khawatir karena kelurahan ini masuk sebagai kawasan yang perlu diperhatikan. (diskominfo/cha/mgm)