Kota Balikpapan Ikut Serta Sambut Kunjungan Delegasi OIC-CA, Jadi Ajang Promosi Budaya

BALIKPAPAN - Kota Balikpapan menjadi salah satu kota di Kalimantan Timur yang akan dikunjungi delegasi Organization Islamic Cooperation Cultural Activity (OIC-CA). Pemerintah Kota Balikpapan, dalam hal ini Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan melakukan kerja sama dengan Provinsi DKI maupun Kaltim. Yang mana rangkaian kegiatan akan berlangsung mulai 7-14 Juli 2023.

"Delegasi tiba di Jakarta tanggal 7 Juli. sebanyak 56 delegasi akan disambut Pemprov DKI. Tanggal 8 mereka tiba di Balikpapan. Yang kemudian akan lanjut ke Samarinda," beber Kepala Disporapar Kota Balikpapan, Ratih Kusuma pada rilis media Jumat (7/7/2023) di kantornya. Ia menyampaikan rilis media bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Balikpapan, Adamin Siregar.

Tujuan kerjasama ini adalah memperkenalkan Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim. Juga bentuk promosi budaya, pariwisata dan keharmonisan masyarakat yang ada di Kaltim.

"Pembukaan oleh Gubernur Kalimantan Timur pada 8 Juli di Samarinda. Kabupaten/kota yang termasuk Sebagai penyelenggara adalah Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara, dan PPU," sebut Ratih.

Pada hari Minggu 9 Juli 2023 seluruh delegasi akan berkunjung melihat budaya pangpang, bugis center dan Islamic Center Samarinda di Kota Samarinda. “Mereka bertujuan untuk mengetahui tentang kebudayaan dan keagamaan. Bagaimana pengelolaan kegiatan-kegiatan baik keagamaan maupun budaya,” terangnya.

Seluruh delegasi lalu akan melanjutkan kunjungan di Kabupaten Kutai Kartanegara, karena akan disuguhkan Tenggarong Internasional Festival. “Balikpapan juga mengirim utusan seni disana. Selain itu juga ada utusan negara-negara lain yang mengisi kegiatan tersebut,” ucapnya.

Mereka lalu kembali ke Samarinda, dan esoknya, 10 Juli 2023 akan mengunjungi Universitas Mulawarman, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris. “Nanti di sana akan membahas tantangan, budaya dan globalisasi,” imbuhnya.

Setelah itu berkunjung ke Kantor Wali Kota Samarinda, untuk melakukan kegiatan ramah tamah. Pada hari Selasa, 11 Juli akan mengikuti kegiatan Kaltim Fest di Sempaja dan dilanjutkan ke Balikpapan, menuju Pondok Pesantren Hidayatullah.

Ratih juga mengatakan, setelah itu delegasi akan mengunjungi Universitas Balikpapan. Nanti delegasi akan menerima penjelasan mengenai IKN. "Ini akan disampaikan Kepala Otorita. Akan ada juga dari Kementerian Parekraf," lanjutnya.

Di hari yang sama, 12 Juli mereka juga akan mengunjungi PT Pertamina Refinery Unit (RU) V Balikpapan. Lalu Kamis, 13 Juli seluruh delegasi menuju IKN. “Ini adalah rangkaian acara yang akan dilaksanakan. Kita akan terus berkomunikasi dan berkoordinasi baik Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kota Balikpapan,” ungkapnya. (diskominfo/cha/mgm)