Pemerintah Kota Balikpapan Hadiri Gala Dinner Rakernas Apeksi XVI di Makassar

MAKASSAR - Rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) XVI di Kota Makassar, Sulawesi Selatan berlangsung mulai Selasa (11/7/2023) malam. Para Wali Kota atau yang mewakili menghadiri Gala Dinner di Anjungan City of Makassar.

Kota Makassar menjadi tuan rumah Rakernas Apeksi tahun 2023 yang dilaksanakan mulai 10-14 Juli. Pemerintah Kota Balikpapan menjadi salah satu kabupaten/kota yang terlibat.

Pada agenda ini, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud diwakili oleh Pj Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Zulkifli; Kepala Dinas Kesehatan, Andi Sri Juliarty; Kepala Dinas KUMKMP Heruressandy Setia Kesuma; dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Irvan Taufik.

Kegiatan ini dimulai dengan Welcome Dinner yang dihadiri oleh 98 Pemerintah Kota se-Indonesia. Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dan Wakil Wali Kota Fatmawati Rusdi menyambut para tamu.

Ia menjelaskan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan selama Rakernas Apeksi XVI ini. Karena selain Rakernas, ada sejumlah rangkaian kegiatan yang bakal dilaksanakan. Diantaranya Indonesia City Expo (ICE), karnaval dan pawai budaya, penanam pohon, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Ketua Apeksi, Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, gala dinner ini menunjukkan bagaimana Makassar memuliakan tamu. Ia berterimakasih juga pada seluruh dewan pengawas maupun dewan pengurus Apeksi yang sudah hadir. Ia juga menyapa para hadirin dan berterimakasih pada panitia pelaksana.

"23 tahun Apeksi. Usia yang jika diibaratkan manusia adalah pada masa atraktifnya. Saya melihat betapa seluruh acara-acara Apeksi, baik di tingkat pusat maupun wilayah semakin menarik. Inovasi bukan hanya program pemerintah kota saja tapi juga cara memasak acara yang semakin cantik dan menarik," ungkapnya.

Para tamu menikmati jamuan makan malam dan menikmati sejumlah hiburan seperti tari-tarian maupun lagu khas Makassar. Gala dinner ini bertujuan untuk menyambut para Wali Kota yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Sementara Pembukaan Rakernas akan dilaksanakan keesokan harinya di Upperhills Convention Center, Tanjung Bunga, Makassar. (diskominfo/cha/mgm)