Rakernas Apeksi XVI Makassar Ditutup, Balikpapan Jadi Tuan Rumah 2024

MAKASSAR - Rakernas Apeksi XVI ditutup pada Kamis (13/7/2023) di Upperhills Convention Hall Makassar. Pada penutupan ini juga dilaksanakan diskusi panel bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Menteri Pertahanan RI,Prabowo Subianto.

Penutupan rangkaian kegiatan Rakernas Apeksi XVI ini dihadiri Pj Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Zulkifli yang mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud. Juga didampingi Staf Ahli Bidang Sosial, Kesejahteraan dan Pengembangan SDM Heria Prisni; Staf Ahli Bidang Pemerintahan Dahniar; Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Adamin Siregar, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Rita, dan Kabag Kerjasama dan Perkotaan Sayid Muhdar.

Pj Sekretaris Daerah Zulkifli mengungkapkan, pada Rakernas Apeksi XVI ini Pemerintah Kota Balikpapan menyampaikan sejumlah isu perkotaan, antara lain bagaimana menyelesaikan kebijakan mengenai tenaga honorer. Kemudian tentang Trans Kalimantan.

"Trans Kalimantan ini adalah jalan tol yang menghubungkan seluruh Kalimantan. Karena saat ini jalan antar provinsi di Kalimantan sangat terbatas," ungkapnya.

Dengan begitu Kaltim, Kalsel, Kalbar, Kalteng maupun Kaltara akan terhubung jalan tol. "Ini adalah salah satu usulan di bidang infrastruktur," katanya.

Pihaknya juga menyampaikan mengenai sinkronisasi perizinan antara pusat dan daerah. Dan usulan ini semua diakomodir dalam Komisariat Wilayah (Komwil) lV.

Kegiatan ini juga menghasilkan beberapa rekomendasi. Salah satunya adalah rekomendasi untuk kelanjutan pembangunan termasuk mendukung kelanjutan proyek Ibu Kota Negara (IKN).

Hal ini dibacakan oleh Ketua Apeksi, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. "Ada tiga konsentrasi kami di sini salah satunya kami tidak mau, pada tahun politik ini pembangunan (IKN) terhenti. Jadi transisi ini harus berlanjut," ujar Bima Arya.

Selain itu dalam Rakernas Apeksi XVI disepakati juga Kota Balikpapan terpilih secara aklamasi sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rakernas Apeksi XVII Tahun 2024.

Kota Balikpapan dinilai telah menyiapkan diri menjemput momentum 2024, termasuk membahas Ibu Kota Negara (IKN) yang terletak di Kalimantan Timur. "Kita sahkan Kota Balikpapan menjadi tuan rumah Rakernas Apeksi 2024," tutup Bima Arya. (diskominfo/cha/mgm)