Pemkot Balikpapan Berhasil Raih Juara Umum di Agenda Apeksi XVI Makassar

MAKASSAR - Pemerintah Kota Balikpapan berhasil memboyong dua penghargaan di Rakernas Apeksi XVI tahun 2023 di Makassar. Pertama adalah Juara I untuk stand Indonesia City Expo (ICE) Apeksi, dan kedua adalah Juara II pada penampilan seni budaya yang ditampilkan di kawasan Pantai Losari, Makassar.

Dengan berhasilnya Pemerintah Kota Balikpapan meraih juara 1 dan 2 pada dua kategori tersebut, maka ditetapkan sebagai juara umum.

Stand ICE Pemkot Balikpapan ini mengangkat tema "Ngopi di Beranda IKN" ini menghadirkan pengusaha kopi lokal Balikpapan, Didin Hamid yang merupakan mitra binaan Dinas Perdagangan. Stand Pemerintah Kota Balikpapan di ICE Apeksi 2023 ini adalah kolaborasi Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (KUMKMP).

Kegiatan yang digelar di Center Point of Indonesia, Makassar resmi ditutup pada Jumat (14/7/2023) sore. Sebelumnya ICE Apeksi 2023 berlangsung selama tiga hari, 12-14 Juli 2023. Kegiatan ini melibatkan 128 stand pameran dari 98 pemerintah kota peserta Rakernas Apeksi XVI dan beberapa stand dari kementerian.

Koordinator Bidang penanaman modal DPMPTSP, selaku Koordinator Stand Kota Balikpapan pada Indonesia City Expo, Elok Elvia mengungkapkan, pihaknya yang terlibat dalam stand ICE Apeksi XVI Makassar ini tentunya bangga dan bahagia. Karena ini adalah penantian selama bertahun-tahun.

Selama ini Pemerintah Kota Balikpapan selalu mengikuti ICE yang merupakan rangkaian dari kegiatan Apeksi dan kali ini di Makassar berhasil meraih juara pertama.

"Kebanggaan Pemerintah Kota Balikpapan di bawah 4 OPD yang terlibat. DPMPTSP, DKUMKMP, Dinas Perdagangan, juga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang ikut meramaikan dalam gelaran penampilan pentas budaya," ungkapnya.

Melalui konsep "Ngopi di Beranda IKN", pemerintah kota Balikpapan ingin mengajak mereka yang datang ke IKN mampir ngopi dahulu di berandanya, yakni Kota Balikpapan. "Tamu-tamu yang menuju ke IKN, ayo ke Balikpapan dulu. Kita ngopi dulu. Makanya kami hadirkan Pak Didin yang menyajikan produknya secara gratis untuk pengunjung stand," terang Elok.

Siapapun pengunjung yang hadir di stand pameran diajak berbicara sambil ngopi. Sambil menawarkan potensi di kota Balikpapan. Baik investasi, pariwisata, kemudian juga potensi perdagangan, dan juga industri.

Sementara itu untuk Pentas Budaya, Pemerintah Kota Balikpapan berhasil meraih Juara 2. Para peserta dari binaan Disdikbud ke kota Balikpapan tampil dalam panggung seni budaya ICE Apeksi XVI.

"Kita tampilkan rangkaian tarian di Balikpapan. Karena ada banyak tarian di Kaltim seperti Jepen, Enggang, Perang, Hudoq dan lainnya. Ini yang dirangkai menjadi satu cerita," beber Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud, Pargianta.

Mereka juga menampilkan pakaian daerah Kaltim dan batik Balikpapan melalui fashion show. "Sambil kita tampilkan medley lagu Nusantara. Ini menunjukkan bahwa Balikpapan memiliki keanekaragaman suku budaya dan etnis. Semua dirangkai dalam penampilan tari," jelasnya. (diskominfo/cha/mgm)