Kesbangpol Sosialisasikan Tentang Pemilih Pemula pada Ratusan Pelajar Balikpapan

BALIKPAPAN - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Balikpapan melaksanakan sosialisasi pemilih pemula Selama dua hari, 26-27 Juli 2023 di Hotel Horison Ultima Bandara. Para peserta adalah pelajar SMA sederajat yang masuk sebagai daftar pemilih pada Pemilu 2024 mendatang.

Kabid Poldagri dan Ormas Kesbangpol, Andi Afrianto menjelaskan, kegiatan ini mengangkat tema pemilih pemula, generasi muda pemilih cerdas dan berkualitas.

Tujuan kegiatan ini adalah agar pemilih pemula di Kota Balikpapan melek politik. "Bagaimana cara komunikasi, mengerti politik, seperti apa itu pemilu dan bagaimana cara memilih di TPS," katanya, Kamis (27/7/2023).

Ia berharap kegiatan ini bisa memberikan pendidikan politik bagi pemilih pemula. Yang nantinya bisa membawa peran serta mereka, dan menciptakan pesta demokrasi yang sesungguhnya.

Sejauh ini sudah ada 180 orang pelajar yang mengikuti kegiatan ini. Seluruhnya adalah pelajar yang notabene merupakan Gen Z. "Diantaranya SMK 4, SMA 2, SMA 7, SMA 1," sebutnya.

Secara bergiliran para pelajar yang masuk dalam daftar pemilih akan mengikuti sosialisasi ini. Nantinya masih akan ada pelajar lain yang mengikuti kegiatan serupa, dan direncanakan akan dilaksanakan pada Oktober mendatang.

"Sementara ini masih pelajar sekolah negeri. Tapi nanti kita juga akan menyasar dari anak-anak sekolah swasta," sebutnya. (diskominfo/cha/mgm)