Semaraknya Bazar Harkopnas, Diramaikan Juga dengan Beragam Lomba

BALIKPAPAN - Dalam rangka Hari Koperasi Nasional (Harkopnas), Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) melaksanakan Bazar Harkopnas di Halaman Balikpapan Sport and Convention Center (BSSC) Dome.

Kegiatan ini juga dilaksanakan bersama Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kota Balikpapan, berlangsung mulai tanggal 27-30 Juli 2023. Bazar Harkopnas oleh koperasi-koperasi di Balikpapan. Ada sekira 60 koperasi yang berpartisipasi.

Kegiatan dibuka pada Kamis (27/7/2023), dimulai dengan lomba tumpeng jajan pasar dan kreasi sambal geprek. Tiap harinya selama pelaksanaan bazar juga digelar lomba-lomba menarik lainnya seperti mewarnai untuk anak usia PAUD, tumpeng, senam aerobik, tari kreasi, dan lain sebagainya.

Selanjutnya pada hari Minggu, 30 Juli 2023 akan dilaksanakan jalan santai yang akan diikuti sekira 2.000 peserta. Bagi warga yang ingin mengikuti jalan sehat dapat membeli kupon di Kantor DKUMKMP seharga Rp10 ribu saja.

"Rutenya dari Dome ke Jalan Manuntung, Ruhui Rahayu, dan balik lagi ke Dome. Kita berharap dapat diramaikan seluruh warga Kota Balikpapan," harap Kabid Koperasi DKUMKKP Bahrian.

Kegiatan ini dilakukan untuk mempromosikan koperasi di Balikpapan. Bahwa koperasi dan UMKM di Balikpapan sudah berperan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kita sudah melaksanakan juga pelatihan-pelatihan koperasi dan UMKM. Maka di kegiatan ini kami ingin menunjukkan hasil pengembangan ini. Agar kesejahteraan mereka juga meningkat," ungkapnya.

Ketika usaha semakin bagus dan berkembang, Dinas KUMKMP juga masih akan terus membantu pada perizinan, dan lainnya. "Kita berharap baik UMKM maupun Koperasi di Balikpapan semakin meningkat," katanya.

Pada pelaksanaan Bazar Harkopnas, tidak hanya terlihat tenda-tenda dari peserta saja, tapi berbagai UMKM lainnya juga diakomodir. Warga Kota Balikpapan dan sekitarnya dapat mengunjungi Bazar Harkopnas dan berbelanja berbagai produk UMKM sambil menyaksikan perlombaan. (diskominfo/cha/mgm)