Gebyar UMKM Diharapkan Bantu UMKM Balikpapan Semakin Berdaya Saing

BALIKPAPAN - Asisten Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakot, Andi Yusri Ramli resmi membuka kegiatan Gebyar UMKM Balikpapan, mewakili Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, Selasa (8/8/2023). Kegiatan Gebyar UMKM ini akan berlangsung mulai 8-12 Agustus 2023 di Atrium Ewalk Mal BSB.

Dalam pembukaan tersebut, turut hadir Ketua Dekranasda Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas'ud dan Kepala Dinas KUMKMP Balikpapan Heruressandy Setia Kesuma.

Membacakan sambutan Wali Kota, Andi Yusri mengungkapkan, kegiatan ini diharapkan bisa menumbuhkembangkan dan mendorong peran serta pelaku usaha UMKM di Kota Balikpapan.

"Untuk jadi bangsa berdaulat penting untuk membangun kemandirian masyarakat. UMKM dalam hal ini jadi ujung tombak untuk membangun kemandirian di bidang ekonomi," ungkap Andi Yusri.

Menurutnya sejarah membuktikan bahwa UMKM jadi tumpuan ketika bangsa ini dihadapkan pada keadaan krisis ekonomi seperti pandemik COVID-19 lalu. UMKM membantu untuk menekan tingkat inflasi yang tinggi.

"Maka penting untuk menguatkan UMKM dengan memberi kesempatan dan fasilitas seluas-luasnya. Serta mendukung mereka melalui kebijakan dan kemudahan," tuturnya.

Diharapkan ke depan, dalam menghadapi berbagai tantangan, UMKM mampu berdiri dengan kuat dan jadi tumpuan perekonomian daerah dan nasional yang berkelanjutan.

"Saya juga berpesan pada masyarakat untuk lebih mencintai produk UMKM dan produk lokal. Sebagai bentuk dukungan agar UMKM kita bisa bersaing. Apalagi sebenarnya banyak produk lokal yang berkualitas internasional. Hanya saja selama ini belum optimal dalam pemasaran," jelasnya.

Ia melanjutkan, acara seperti gebyar UMKM ini perlu diadakan secara rutin. Sebagai bentuk pembinaan terhadap UMKM. "Sekaligus juga jadi daya tarik wisata agar semakin banyak yang berkunjung ke kota Balikpapan, beranda Ibu Kota Negara," tandasnya.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan, Heruressandy Setia Kesuma mengatakan, kegiatan ini bertemakan, UMKM kuat, bangsa berdaulat. "Melalui kegiatan ini diharapkan bisa mewujudkan UMKM naik kelas yang berdaya saing. Dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan yang kreatif," ungkapnya.

Dengan kegiatan ini pula akan terjalin kolaborasi multistakeholder dalam pembinaan UMKM Kota Balikpapan. "Pengen sekaligus mempromosikan produk UMKM Kota Balikpapan dalam rangka pengembangan program UMKM," katanya.

Kegiatan gebyar UMKM ini diikuti oleh 24 kelompok usaha binaan DKUMKMP dan Dekranasda Kota Balikpapan. "Produk yang tersedia diantaranya produk komoditi, olahan pangan dan produk kerajinan. Geber UMKM sudah memasuki tahun dua pelaksanaannya. Dan pada tahun ini akan dilaksanakan dua kali. Pertama, adalah saat ini, dan kedua pada November 2023 nanti," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)