Pemkot Balikpapan Dukung Program Literasi Digital Nasional, Ajak Kreatif Melalui Platform Digital

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan menggandeng sejumlah pihak menggelar kegiatan literasi digital pada Rabu (10/8/2023) di Gedung Kesenian Balikpapan. Pada kegiatan ini hadir narasumber dari Pemerintah Kota Balikpapan, relawan TIK, Kegiatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP, dan influencer.

Para peserta adalah perwakilan siswa-siswi SMP dan SMA Kota Balikpapan. Kegiatan ini adalah bagian dari Festival Makin Cakap Digital 2023. Yaitu program literasi digital untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.

Kepala Disputakar Kota Balikpapan Elvin Junaidi menjadi pemateri pertama mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud. Ia mengatakan, saat ini literasi membaca dan menulis tidak lagi sama seperti zaman dulu. Dimana buta huruf atau kesulitan membaca masih 90 persen. Angka tersebut sudah jauh turun mencapai 3-4 persen.

“Bangsa yang besar yakni bangsa yang menghargai literasi bagaimana kemampuan kita, bukan hanya membaca dan memahami apa yang kita baca, dan dikerjakan," ungkap Elvin.

Ia mengatakan, ada enam literasi dasar yang harus dipahami, diantaranya literasi baca tulis, pengetahuan tentang matematika dasar, sains, literasi finansial bagaimana resiko mengenai hal-hal berkaitan dengan keuangan, literasi kebudayaan dan kewarganegaraan, dan literasi digital.

“Literasi digital sangat perlu dimiliki. Karena kini anak-anak harus juga menggunakan aplikasi pada proses pembelajaran. Apalagi dengan adanya AI, semua informasi yang dibutuhkan bisa dicari melalui teknologi. Bahkan bisa bertanya terkait PR. Ini adalah tantangan bagi kita semua. Jangan sampai teknologi membelenggu kita,” katanya.

Ia juga menyampaikan, Kota Balikpapan menyambut baik dan mengapresiasi pemerintah pusat bahwa, Kota Balikpapan masuk dalam roadshow Program Literasi Digital Nasional. Program ini merupakan bagian dari upaya percepatan transformasi digital khususnya terkait pengembangan sumber daya manusia digital.

"Dengan Balikpapan masuk dalam program tersebut akan sangat baik bagi peningkatan sumber daya manusia. Khususnya dalam literasi digital. Pemkot Balikpapan sangat menyambut baik dengan adanya pertemuan ini. Kami akan laporkan hasil dari pertemuan ini ke Wali Kota Balikpapan,” ungkapnya. (diskominfo/cha/mgm)