Pemkot Gelar Gladi Kotor Persiapan Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI

BALIKPAPAN - Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus mendatang, Pemerintah Kota Balikpapan telah melakukan gladi kotor untuk kegiatan upacara bendera di Lapangan Merdeka, Senin (14/8/2023). Kegiatan dipimpin langsung Ketua Panitia HUT Kemerdekaan RI Tingkat Kota Balikpapan, Adwar Skenda Putra.

Selanjutnya besok akan ada gladi bersih dan pematangan persiapan lainnya. Adwar Skenda Putra mengungkapkan, secara persiapan pasukan, acara dan lainnya terus dievaluasi. "Supaya waktunya pas. Kami besok penyempurnaan," jelasnya.

Pada upacara bendera HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini, Pemerintah Kota Balikpapan mengundang sejumlah pihak. Antara lain RT dan kepala sekolah, Kepala BUMN, dan lainnya. Termasuk unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Perkiraan ada sekira 1.500 lebih pihak yang dilibatkan. Termasuk juga dari TNI AD, Lanud dan Lanal. "Kalau RT nanti sebagian juga ada saat penurunan bendera," tuturnya.

Pengisi acara lainnya adalah tari kolosal yang dikoordinir oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan. Peserta adalah siswa sekolah-sekolah di Balikpapan.

"Paduan suara ini kemarin menjadi juara di Bali. Mendapat medali emas kategori folk song di Bali Internasional Choir Festival 2023. Ini gabungan sekolah-sekolah Patra Dharma," imbuhnya.

Lanud Dhomber juga akan menampilkan paralayang dengan membawa tulisan HUT Kemerdekaan RI. Petugas dari Lanud Dhomber yang akan menjadi komandan upacara yakni Mayor Sus M. Redhagima.

"Jangan lupa juga kita akan ada kegiatan detik-detik proklamasi di simpang Plaza Balikpapan. Nanti setelah upacara di sini, jam 11.00 WITA atau jam 10.00 WIB waktu Jakarta menuju ke sana," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)