Gebyar UMKM Kota Balikpapan Ditutup, Pemkot Terus Dukung UMKM Naik Kelas


BALIKPAPAN - Gebyar UMKM Kota Balikpapan 2023, yang berlangsung mulai 8-12 Agustus 2023 di Atrium Mal Ewalk BSB ditutup pada Sabtu (12/8/2023) malam. Kegiatan ini adalah rangkaian dari Hari UMKM Nasional yang jatuh pada hari tersebut.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (KUMKMP) Kota Balikpapan, Heruressandy Setia Kesuma mengungkapkan, Gebyar UMKM ini menjadi salah satu kegiatan yang dilaksanakan pihaknya dalam rangka Hari UMKM Nasional.

"Ada banyak kegiatan yang telah kami lakukan sebagai upaya mengembangkan UMKM Kota Balikpapan. Termasuk sharing knowledge tentang wirausaha untuk UMKM naik kelas. Dari segi manajemen usaha, pengelolaan, termasuk pengelolaan sampah," ungkap Heruressandy.

Selain itu juga telah dilaksanakan kegiatan peningkatan keuangan atau digitalisasi. UMKM juga diberikan pelatihan networking dan eco friendly.

"Semua ini kami lakukan supaya UMKM yang mengelola bahan olahan tau cara menggunakan sumber baku agar tidak dibuang percuma. Semua bisa diolah sampai dengan akhir," katanya.

Kelebihan dari Gebyar UMKM yang dilaksanakan tahun ini adalah edukasi-edukasi yang dilakukan kepada para UMKM ini. Termasuk juga para pengunjungnya.

Setelah ditutupnya Gebyar UMKM ini juga akan dibuka program baru dari dinas terkait. Yaitu From Idea to Startup (FItS). Diharapkan pelaku usaha atau pemilik ide yang baru merintis, termasuk juga pemilik produk atau jasa, untuk bergabung bersama.

"Kami akan gabungkan mereka semua dalam satu paket. Kami akan bagi tiap sektor. Jika banyak yang berkenaan akan kami dahulukan," terangnya.

Mereka akan didampingi dan diedukasi terkait berbagai hal. Yang ujungnya bisa masuk pada platform digital. Yang nantinya juga mengarah pada perdagangan, ekspor, dan peningkatan pembiayaan.

"Kita ingin UMKM dan wirausaha di Balikpapan bisa maju dan naik kelas semua. Untuk FItS ini mulai pekan ini sampai nanti akhir tahun. Kami ingin adik inventarisasi wirausaha dan UMKM," jelasnya. (diskominfo/cha/mgm)