Paskibraka Kota Balikpapan yang Akan Bertugas 17 Agustus Dikukuhkan

BALIKPAPAN - Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Balikpapan, yang akan bertugas pada Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 dikukuhkan oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud pada Selasa (15/8/2023) di Halaman Balaikota Balikpapan.

Pengukuhan Paskibraka Kota Balikpapan ini disaksikan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, DPRD Kota, TNI, Polri, para guru, dan anggota keluarga.

Dalam pengukuhan, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan, Ratih Kusuma membacakan pengantar selaku pembina pasukan yang akan mengibarkan duplikat bendera pusaka di Kota Balikpapan ini.

Usai pengukuhan Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud menyampaikan selamat pada para siswa-siswi yang akan bertugas 17 Agustus nanti. Ia berharap mereka tetap menjadi pribadi yang rendah hati dan mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi. Disiplin, dan bermoral, serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

"Selamat bertugas. Dan saya harap anak-anak kita para pasukan pengibar bendera pusaka ini dapat mencerminkan kecintaan terhadap bangsa dan negara. Kita doakan mereka bisa bertugas dengan sukses tanpa kendala," ungkpanya.

Usai pengukuhan tersebut para pelatih juga menyampaikan agar pengibaran duplikat bendera pusaka nanti bisa berjalan sukses. Pelatih, Ipda Niluh mengungkapkan, dirinya bangga kepada para pasukan karena perkembangan mereka selama latihan dan masa karantina.

"Kedisiplinannya makin terbentuk Gerakan makin baik dilatih. Semoga semua berjalan lancar. Dan harapannya anak-anak ini bisa menjadi generasi penerus yang berguna bagi negara," ungkapnya.

Menurutnya setiap anak-anak memiliki berbagai karakter berbeda. Tapi yang terpenting adalah menjaga kekompakan dan soliditas tim. "Karena untuk menjadi pasukan yang baik, sangat mengandalkan kerjasama tim yang baik," katanya.

Sementara itu pelatih Lettu CPL Agung mengatakan, para petugas kini siap secara kesehatan, moril maupun mental. Ada 39 petugas Paskibraka Kota Balikpapan. 19 diantaranya putra dna 20 putri. "Mereka sudah menjalani karantina dua pekan. Sejauh ini latihan udah mulai kita lakukan akhir bulan Mei," terangnya.

Untuk diketahui, selain 39 petugas yang akan mengibarkan bendera di Lapangan Merdeka nanti, Balikpapan juga mengirimkan satu siswa untuk ikut mengibarkan bendera di istana negara. (diskominfo/cha/mgm)