Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78, Wali Kota Berpesan Terus Kawal Pembangunan IKN


BALIKPAPAN - Upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka 78 Tahun Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Kamis (17/8/2023). Dalam upacara ini, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud bertugas sebagai inspektur upacara.

Menanti detik-detik proklamasi, para hadirin dihibur dengan tarian kolosal yang dibawakan oleh siswa SMP dan SMA Balikpapan. Juga berbagai penampilan lainnya, seperti paralayang oleh Lanud Dhomber, paduan suara, dan lainnya.

Tepat pukul 10.00 Wita, sirine berbunyi. Hadirin diajak untuk kembali mengenang jasa pahlawan yang berperan penting merebut kemerdekaan Indonesia dari para penjajah. Hadirin menundukkan kepala dan berdoa masing-masing.

Pada upacara ini, bertugas sebagai komandan upacara, anggota TNI ALU dari Lanud Dhomber, Mayor Sus M. Redhagima. Sementara itu, Ketua DPRD Kota Balikpapan, Abdulloh bertugas membaca naskah proklamasi.

Diwawancarai usai upacara, Wali Kota Rahmad Mas'ud mengajak masyarakat menjadikan hikmah dari momentum ini untuk mempererat tali persatuan dan kesatuan. "Juga semangat untuk membangun bangsa, menghargai jasa para pahlawan dengan mengisi kemerdekaan," ungkpanya.

Walaupun belum tentunya ada tantangan yang harus dihadapi. Apalagi dengan adanya isu pemindahan ibu kota negara (IKN). Namun begitu dirinya yakin, masyarakat Balikpapan pasti dapat menyesuaikan dengan perkembangan kemajuan ini.

"Bagaimana kita tidak hanya menjadi penonton di rumah kita sendiri. Lebih banyak berpartisipasi dengan semangat momentum kemerdekaan ini," katanya.

Dirinya juga berharap seluruh warga Kota Balikpapan ikut serta mengawal pemindahan IKN. "Harapannya supaya pemindahan Ibu Kota Negara berjalan dengan sukses," tandasnya.

Untuk pengibaran bendera merah putih pada upacara ini, dilaksanakan soleh siswa-siswi yang tergabung dalam Paskibraka Kota Balikpapan.

Ada 39 petugas Paskibraka Kota Balikpapan. 19 diantaranya putra dna 20 putri. "Mereka sudah menjalani karantina dua pekan. Sejauh ini latihan udah mulai kita lakukan akhir bulan Mei," terangnya. (diskominfo/cha/mgm)