Kembali Gelar Sosialisasi Pemilih Pemula, Upaya Kesbangpol Tingkatkan Kesadaran Politik Pelajar


BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kembali melaksanakan sosialisasi pemilih pemula, Kamis (24/8/2023) di Hotel Horison Ultima Balikpapan. Kegiatan ini bertemakan generasi muda pemilih cerdas dan berkualitas.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Kesbangpol, Sugianto mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud. Juga menghadirkan para pengisi materi yakni Ketua Komisi Pemilihan Umum, Noor Thoha serta pendidik yang juga anggota Pusat Pendidikan Wawasan Kebanggaan (PPWK), Ismail Ali Sakti. Sementara peserta berjumlah 150 orang pelajar yang terdiri dari 6 sekolah.

Dirinya menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini. Sebagai upaya peningkatan partisipasi pemilih untuk pemilu 2024.

"Sekaligus diharapkan kegiatan sosialisasi pemilih pemula ini bisa memberikan pemahaman politik yang baik untuk para pemilih pemula. Dan begitu bisa menciptakan suasana pesta demokrasi yang jauh dari demokrasi dan mis informasi," ungkapnya.

Kegiatan ini adalah bagian dari pendidikan politik yang diselenggarakan berdasarkan amanat undang-undang. Jadi media agar pemilih pemula lebih tertarik pada politik dan ikut serta.

"Karena pendidikan politik diperlukan untuk para generasi muda saat ini. Yang nantinya akan menjadi penerus bangsa," tuturnya.

Kabid Poldagri dan Ormas Kesbangpol, Andi Afrianto menambahkan, pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pemilih pemula untuk sukseskan Pemilu serentak 2024.

Selain itu sebagai upaya membangun kesadaran politik secara nasional yang berbasis pada pengetahuan dan kompetensi bidang politik.

Menurutnya ini diharapkan juga bisa membentuk wilayah demokratis, peningkatan kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak politiknya.

"Juga harapannya ada peningkatan partisipasi politik dan inisiatif masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ungkapnya. Dengan begitu akan terbentuk masyarakat yang demokratis berlandaskan hukum. (diskominfo/cha/mgm)