Wali Kota Balikpapan Sambut Tim Verifikasi Lapangan Kota Sehat


BALIKPAPAN - Tim verifikasi lapangan Kabupaten/Kota Sehat melakukan tinjauan lapangan Kota Balikpapan. Rombongan tiba pada Selasa(5/9/2023) disambut langsung oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud menyambut kedatangan tim verifikasi. Ia mempersilakan tim untuk melakukan penilaian di Kota Balikpapan. "Selamat melaksanakan tugas," katanya.

Dirinya juga berharap hasil penilaian terbaik dan Balikpapan dapat memenuhi pula kriteria Kota Sehat.

Direktorat Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, Eli Setiawati mengungkapkan, Kota Balikpapan jadi salah satu kota yang menjalani validasi lebih lanjut untuk menjadi kabupaten/kota sehat.

Kriteria penilaian berkaitan dengan penguatan oleh masing-masing pemerintah daerah. Diantaranya komitmen menjadi kota sehat. Yakni didahului oleh pemerintah atau self assessment. "Dilakukan terhadap sembilan tatanan. Yang kemudian dilanjutkan pada provinsi dan dilakukan verifikasi untuk kemudian berlanjut di tingkat pusat," jelasnya.

Sembilan tatanan menurutnya mewakili masing-masing variabel. Misalnya tatanan hidup mandiri sehat masyarakat tingkat bawah. Selanjutnya pendekatan pasar yang sehat, pendidikan sekolah yang sehat, sosial yang sehat dan lainnya.

"Penting juga pada tingkat sosial. Misalnya Balikpapan sudah mendapatkan kota layak anak dan tangguh bencana," katanya.

Untuk diketahui, selama masa penilaian sejumlah tempat menjadi sasaran tim verifikasi. Antara lain SDIT Istiqomah, Taman Tiga Generasi, Gereja Bethany, Pantai Manggar, Kampung Tangguh Bencana Lamaru, Sentra Industri Teritip, Puskesmas Graha Indah, wisata mangrove, Pasar Pandansari dan lainnya. (diskominfo/cha/mgm)