Hari Perhubungan Nasional, Pemkot Terus Upayakan Perbaikan Transportasi di Balikpapan


BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud memimpin Upacara Bendera, dalam rangka peringatan hari perhubungan nasional tahun 2023, Senin (18/9/2023) di halaman Balaikota Balikpapan. Upacara ini diikuti jajaran pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Balikpapan.

Dalam kesempatan ini ia juga membacakan sambutan Menteri Perhubungan. Ia menyampaikan, peringatan hari perhubungan nasional merupakan momentum bagi seluruh insan transportasi untuk bersama bergerak maju meningkatkan kinerja sektor transportasi untuk kepentingan masyarakat Indonesia.

Pada tahun ini hari perhubungan nasional
Tema besar hari perhubungan nasional tahun ini adalah melaju untuk transportasi maju. Tema ini dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa insan transportasi mampu terus bergerak secara konsisten.

"Dalam kerja-kerja nyata melakukan inovasi sektor transprotasi dengan menggelorakan semangat melaju bersama wujudkan transportasi maju di Indonesia. Tidak hanya sebagai upaya mendorong Indonesia menjadi lebih maju, namun juga sebagai implikasi kuat bagi pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan, serta peningkatan pelayanan," ungkapnya.

Ia juga menyampaikan imbauan Menteri Perhubungan agar seluruh jajaran perhubungan senantiasa bekerja sama dalam kolaborasi. Juga bersinergi secara optimal bersama dengan operator, pemangku kepentingan, dan pemerintah daerah.

"Kerja sama ini sangat dibutuhkan untuk mendorong pemanfaatan secara optimal infrastruktur transportasi dan melakukan pelayanan terbaik dalam mewujudkan transportasi yang handal dan efisiein serta berdaya saing," katanya.

Usai kegiatan, Wali Kota menyampaikan harapannya bagi Kota Balikpapan. Yakni terkait pelayanan Transportasi Kota Balikpapan. Juga agar Pemerintah Kota Balikpapan dapat terus berinovasi untuk meberikan kemudahan dan kelancaran. "Juga kenyamanan bagi para pengendara. Walaupun kondisi Kota Balikpapan yang relatif padat," katanya.

Melihat kondisi Kota Balikpapan yang makin padat ini, lanjutnya, Pemerintah Kota ingin membuka jalur-jalur baru dan melakukan perbaikan dan pelebaran berapaan jalan. Selain itu wacana monorel bagi Kota Balikpapan diharapkan bisa jadi solusi makin padatnya kota ini

"Jadi dengan Balikpapan memiliki monorel dalam kota, ini bisa menjadi untuk akses masyarakat. Namun ini masih dalam proses kajian. Semoga ini bisa segera dilaksanakan" tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)