PTMB Akan Lakukan Penggiliran Distribusi Air di Balikpapan


BALIKPAPAN - Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) melakukan mitigasi resiko terkait ketersediaan air baku yang menurun. Diantaranya dengan membuat jadwal penggiliran distribusi air.

PTMB telah menyiapkan jadwal distribusi. Proses penggiliran akan dilaksanakan mulai tanggal 9 Oktober. Dan rencananya akan berlangsung sampai 20 Oktober nanti.

Plt Direktur Utama PTMB, Rita mengungkapkan, Penggiliran distribusi air ini akan dilakukan untuk sejumlah Instalasi Pengolahan Air (IPA) Km 8, Kampung Damai dan Teritip.

"Nanti akan kami lakukan evaluasi. Akan kami lihat sampai mana air mengalir titik akhirnya. Ini akan dievaluasi oleh bidang distribusi," ungkapnya.

Dirinya juga menghimbau masyarakat untuk menampung air selama air mengalir. Karena pihaknya tidak melakukan penyetopan distribusi air di waktu lama. "Makanya kami jeda per dua hari. Nanti akan dievaluasi bagaimana hasil," kata Rita.

Ia menambahkan, jika daerah-daerah tertentu tidak terlayani, maka dapat membeli air dari tangki-tangki yang nanti tersedia. PTMB akan memetakan daerah mana saja yang tidak mendapatkan distribusi air sama sekali.

"Kita akan siapkan drum yang akan diserahkan untuk peminjaman. Di situ nanti kami akan drop air, dan masyarakat silakan ambil," terangnya.

Dengan adanya drum ini diharapkan kebutuhan air masyarakat di kawasan yang tidak terdistribusi bisa mendapatkan air juga. Namun memang PTMB tidak bisa mendatangi satu per satu lokasi agar intensitas distribusi menggunakan tangki bisa lebih cepat.

"Kami akan minta kecamatan dan kelurahan yang bertanggung jawab dan berkoordinasi dengan RT setempat. Harapannya agar tidak terjadi kericuhan," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)